post image
KOMENTAR
Tokoh masyarakat Riau berharap situasi di wilayahnya tetap aman dan kondusif setelah Gubernur Riau Rusli Zainal ditetapkan sebagai tersangka korupsi oleh KPK.

"Kami berharap tidak ada tekanan, pertentangan dan memprovokasi pihak lain sehingga merugikan Riau," kata Ketua Harian Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Al Azhar, di Pekanbaru, Jumat (8/2).

Oleh sebab itu LAM Riau sudah mengeluarkan "warkah maklumat" menyikapi kasus hukum yang menimpa Rusli Zainal. Intinya, maklumat berisi imbauan kepada masyarakat untuk menjaga persatuan dan keamanan.

Warkah Maklumat berisikan empat poin yaitu, mengimbau seluruh lapisan masyarakat Riau untuk berpikiran panjang berdada lapang, tidak terpancing oleh emosi dan prilaku yang berlebih-lebihan menanggapi status hukum Rusli Zainal; mengimbau seluruh lapisan masyarakat Riau untuk bersama-sama menjunjung tinggi asas praduga tidak bersalah, sesuai dengan "Tunjuk Ajar Melayu" yang mengedepankan sifat bersangka baik terhadap siapa pun.

Kemudian mendukung setiap usaha penegakan hukum, serta menghormati proses hukum yang berlaku, yang diharapkan dapat mengambil keputusan arif dan bijak dengan keputusan yang seadil-adilnya dan mengimbau seluruh lapisan masyarakat Riau untuk menjaga perpaduan dan kesatuan, dengan tidak memanfaatkan stasus hukum Rusli Zainal menjadi ajang politik, fitnah dan sebagainya, yang dapat menimbulkan perpecahan dan keresahan dalam kehidupan bermasyarakat, dan bernegara.

"Warkah Maklumat 'dibendangkan' ke langit dan disebarkan ke bumi untuk dapat dimaklumi sebagaimana mestinya."  [ant/dem/rmol/ans]

Sudah Diberlakukan, Parkir Sembarangan Bakal Kena Tilang Elektronik di Medan

Sebelumnya

Perkosa Banyak Pria, Pelajar Indonesia Reynhard Sinaga Dihukum Seumur Hidup Di Inggris

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Hukum