post image
KOMENTAR
Badan Anggaran DPR dan Pemerintah akhirnya setuju untuk melanjutkan Rancangan Undang Undang (RUU) Anggaran Perencanaan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2013 ke rapat paripurna.

Hasil rapat anggota Banggar dengan Menteri Keuangan RI, Menteri PPN-Kepala Bappenas dan Gubernur Bank Indonesia di Gedung DPR, Jakarta, Sabtu (15/6/2013) pemerintah menyampaikan usulan mereka dan disetujui oleh 6 dari 9 fraksi yang ada di Banggar.

"Hari ini banggar dan pemerintah berhasil menyepakati usulan RAPBNP  yang diajukan secara bulat oleh 6 fraksi," kata Menteri Keuangan M Chatib Basri saat dijumpai wartawan usai rapat.

Fraksi-fraksi yang mendukung adalah Fraksi Demokrat, Golkar, PKB, PPP, PAN dan Hanura. Sedangkan sisanya sebanyak tiga fraksi menyetujui dengan catatan-catatan di beberapa pasal. Fraksi yang memberikan catatan dalam RUU APBNP kali ini adalah PDIP, PKS, dan  Gerindra.

"Cuma tiga fraksi yang menyatakan setuju, tapi dengan syarat terhadap beberapa pasal," beber Chatib sebagaimana disiarkan Rakyat Merdeka Online.

Walau ada persyaratan dari 3 partai itu, Chatib mengaku optimis jika opsi kenaikan harga BBM ini bisa berjalan mulus pada hari senin nanti. Pasalnya saat ini mayoritas fraksi telah menyetujui apa yang disodorkan pemerintah.

Chatib menilai tiga fraksi hanya memberikan catatan bukan menolak secara mutlak usulan pemerintah ini. Mengenai adanya kemungkinan deadlock pada paripurna nanti dirinya mengaku enggan berandai-andai dan berspekulai.

"Kita lihat saja hari ini sudah 6 fraksi yang menyetujui, yang tidak sebetulnya setuju, cuma dengan syarat," imbuh Chatib. [ans]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi