post image
KOMENTAR
MBC. Aktivitas jumlah uang beredar juga akan berkurang setelah lebaran ini, sehingga tekanan inflasi akan memudar meskipun masih relatif tinggi dibandingkan bulan-bulan sebelumnya kecuali Ramadan.

''Tahun lalu pemerintah Sumut mampu meredam laju inflasi di saat perayaan Idul Fitri 2012. Kita mengharapkan kinerja TPID mampu merealisasikan inflasi yang rendah seperti perayaan keagamaan tahun lalu. Meski begitu, sejumlah harga kebutuhan pangan seperti bawang atau daging maupun sejumlah kebutuhan lain yang dikendalikan lewat impor sulit tentunya untuk dikendalikan harganya oleh TPID Sumut, karena berhubungan dengan kebijakan pusat,'' kata pengamat ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin, hari ini.

Bila dikaitkan dengan iklim investasi, sebut dia, tentunya inflasi seperti sekarang ini yang cukup tinggi akan memperburuk iklim investasi Sumut seiring dengan melemahnya harga komoditas dunia. Untuk mengatasi minimnya investasi Sumut saat ini tidak ada pilihan lain dengan menggunakan politik anggaran.

''Namun itu tidak lah cukup mengingat anggaran APBD Sumut kecil untuk investasi. Di sisi lain konsumsi masyarakat Sumut akan terus tertekan seiring tingginya laju inflasi,'' katanya seperti dikutip dari liputanbisnis.

Ditambah lagi kebijakan pro investasi merupakan kebijakan jangka panjang yang manfaatnya akan kita rasakan dalam jangka panjang, bukan untuk beberapa waktu kedepan.[ded]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi