post image
ilustrasi
KOMENTAR
Di saat penanganan tanggap darurat erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo ternyata timbul bencana longsor yang menimbulkan korban jiwa.

Sabtu sore (30/11/2013) pukul 17.00 WIB hingga malam, hujan deras mengguyur kawasan perbukitan di Berastagi. Akibatnya terjadi longsor sekitar pukul 19.00 WIB di Desa Gundaling I dan Desa Laununggap, Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo.

Sembilan orang ditemukan meninggal, dimana 2 orang meninggal ditemukan di Desa Gundaling I,  6 orang di  Desa Gundaling II, dan 1 orang yang hanyut ditemukan di Desa Simpang Ujungaji.

Kesembilan korban meninggal tersebut adalah:
Di Desa Gundaling 1 adalah Leni Wulandari (22), Ikmal Syahputra (2,5). Kedua korban adalah ibu dan anaknya yang meninggal akibat rumahnya tertimbun longsor.

Petugas gabungan bersama masyarakat bahu-membahu melakukan pencarian jasad keduanya baru ditemukan menjelang dini hari. Ketika ditemukan keduanya sudah tak bernyawa.

Suaminya merantau bekerja di Malaysia. Jasad kedua ibu dan anak itu kemudian disemayamkan di masjid dan sudah diserahka kepada kerabatnya.

Sementara di Desa Gundaling II korban meninggal adalah, Maruli Sijabat (65), Siti Boru Nababan (60), Marolop (20), Litna boru Silaban (25), Bela kasih Boru Manik (4 tahun) dan Junaidi Donggol Manik (2 tahun).

Di Desa Simpang Ujungaji korban adalah Rosalina bru Siboru (10 tahun), warga dari Desa Laununggap.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengimbau masyarakat untuk selalu waspada menghadapi longsor yang di musim penghujan.

"Masyarakat yang bermukim di daerah-daerah rawan longsor seperti di perbukitan, di lereng-lereng pegunungan, di tebing sungai dan lainnya untuk selalu waspada," ujarnya.

Menurut Sutopo, umumnya longsor terjadi saat hujan deras atau akibat guncangan gempa. Puncak hujan sebagian besar wilayah Indonesia adalah Januari 2014. [ded]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa