post image
KOMENTAR
      
Presiden Amerika Serikat, Barack Obama menyanjung almarhum Nelson Mandela. Baginya, mantan Presiden Afrika Selatan itu telah memiliki tempat dalam sejarah besar dunia. Obama bahkan menyandingkan tokoh anti-apartheid itu sejajar dengan Mahatma Gandhi, Martin Luther King Jr, dan Abraham Lincoln.

Hal tersebut disampaikan Obama ketika memberi penghormatan kepada peraih Nobel Perdamaian itu dalam upacara peringatan nasional yang digelar di Stadion FNB, Johannesburg Afrika Selatan kemarin.

"Tidak ada yang terelakkan apa yang telah dicapainya (Mandela). Dalam busur hidupnya, kita melihat seorang pria yang mendapatkan tempat dalam sejarah melalui perjuangan, kelihaian, ketekunan, dan keimannya," kata Obama seperti dikutip Al Jazeera.

Upacara tersebut dihadiri 90 pemimpin negara-negara di dunia dan sejumlah mantan pemimpin dunia. Selain itu puluhan ribu rakyat Afrika Selatan juga turut memadati area stadion untuk memberikan penghormatan pada mantan pemimpin yang telah memperjuangkan rekonsiliasi perbedaan politik yang rasial rakyat Afrika Selatan tersebut.

Selain Obama, pemimpin dunia yang hadir dalam upacara tersebut diantaranya adalah Perdana Menteri Inggris David Cameron, Presiden Prancis Francois Hollande, Presiden Kuba Raul Castro, mantan Presiden AS Bill dan istrinya Hillary Clinton, dan George W Bush.

Nelson Mandela wafat di usia ke 95 tahun pada Kamis (5/12) minggu lalu. Upacara peringatan nasional tersebut merupakan rangkaian acara penghormatan bagi Mandela sebelum dimakamkan pada Minggu (15/12). [rmol/dito]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa