post image
KOMENTAR
Meski mendapat perlawanan dari mahasiswa, satpam Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) bertekad hari ini kampus fakultas kedokteran di Jalan SM Raja, kembali dibuka.

Hal itu ditegaskan Kepala Sekuriti Kampus UISU Al Munawwarah Benar Surbakti sesaat setelah terjadinya bentrok antara mahasiswa dengan anggotanya.

Ia juga menolak anggapan yang menyatakan kedatangan mereka untuk melakukan penyerangan dan pengosongan kampus.

"Kami membawa surat perintah untuk membuka akses kampus ini saja, supaya kembali seperti semula. Itu saja," katanya, Jumat (20/12/2013).

Untuk melaksanakan pembukaan akses kampus ini, mereka menurunkan sekitar 19 personel. Surat yang mereka bawa tersebut ditandatangani Pelaksana Harian Ketua Umum Yayasan UISU Ikhwan Bahrum Jamil dan Sekretaris Umum Arfis Amirudin.

"Kami datang dengan surat perintah, kalau tidak karena diperintahkan polisi untuk keluar kami akan tetap membuka akses itu," ungkapnya.

Bentrok fisik antara mahasiswa Fakultas Kedokteran UISU dengan belasan personel satpam kampus tersebut kembali terjadi tadi pagi.

Bentrokan berawal saat satpam yang dikirim dari kampus induk, masuk ke dalam kampus untuk membuka akses setelah fakultas tersebut dikuasai mahasiswa yang menuntut kejelasan status mereka kepada dekanat.

Ratusan mahasiswa yang sebelumnya berada di dalam kampus tersebut melakukan perlawanan dan berujung pada bentrok.

"Mereka masuk dan memaksa membuka pagar, ya kami menolak kampus ini dibuka sampai tuntutan kami dipenuhi," kata seorang mahasiswa, Febri.

Febri menyebutkan, bentrokan berlangsung singkat. Kedua kubu berhasil dipisahkan oleh puluhan petugas kepolisian yang langsung turun ke lokasi.

Petugas satpam yang kalah jumlah dari mahasiswa akhirnya memilih keluar dari kampus mengikuti permintaan pihak kepolisian. Namun, mereka masih terlihat berjaga diluar pagar kampus tersebut.

"Kami akan tetap bertahan demi masa depan kami, kalau membicarakannya melalui cara-cara diplomatis udah capek bang," ujar Febri.

Sementara itu seorang satpam bernama Mahmud Triadi dilaporkan mengalami luka setelah terjatuh dari tangga akibat dorongan dari kubu mahasiswa ketika bentrok terjadi.

"Tadi anggota kita ada yang jadi korban, ini lagi divisum di rumah sakit," kata Kepala sekuriti kampus UISU Al Munawwarah, Benar Surbakti.

Pihak satpam berencana melaporkan perbuatan para mahasiswa tersebut kepada pihak berwajib. "Sudah dilapor atau belum saya kurang tau, tapi barusan masih dibawa untuk divisum," ujarnya. [dito]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Peristiwa