post image
KOMENTAR
Komitmen Sumut memperkuat ketahanan pangan termasuk terus menjadi salah satu provinsi penyangga ketahanan pangan nasional semakin diperkokoh dengan melibatkan semua pihak, termasuk dengan jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho mengemukakan itu kepada wartawan di Gubernuran Medan, Senin (3/2/2014) sehubungan telah ditandatanganinya Kesepakatan Bersama antara Pemprovsu dengan Kodam I/BB.

Kesepakatan bersama tersebut tentang kerjasama di bidang ketahanan pangan dalam mewujudkan peningkatan produksi bahan pangan dan daya saing di Sumut guna menopang kesiagaan ketahanan pangan nasional.

Naskah kesepakatan ditandatangani langsung oleh Gubsu Gatot Pujo Nugroho dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Istu Hari, Senin (27/1/2014) pada apel gabungan TNI, Polri, PNS dan masyarakat di Lapangan Benteng Medan.

Gubsu didampingi Kepala Dinas Pertanian Sumut HM Roem, mengemukakan kesepakatan ini merupakan tindak lanjut dari rapat kabinet yang dipimpin Presiden Tahun 2013 di Bukit Tinggi yang melahirkan Implementasi Bukit Tinggi Action Plan dan ditindaklanjuti kesepakatan antara Panglima TNI dengan Kementerian Pertanian RI pada Kegiatan Parade Pangan Nusantara di Kota Malang 16 -19 Januari 2014.
 
"Melalui MOU ini, kita akan mendata berbagai potensi lahan tertidur, memberdayakannya bersama prajurit TNI untuk melakukan gerak pendampingan dalam menjaga keberlangsungan pangan," ujarnya.

Prioritas dalam MOU ini adalah Tanaman Pangan dan Holtikultura, Tanaman Perkebunan Peternakan, Perikanan dan Pemberdayaaan Masyarakat di sekitar Hutan.
 
Selain itu, kita menjaga jangan sampai fungsi lahan dan pertanian dialiihkan menjadi permukiman, industri dan jasa. Melalui kerjasama ini juga mendidik petani untuk melakukan pola tanam dan tertib tanam.

Hal lainnya lanjutnya tentunya kita berharap TNI dengan segala potensi yang dimilikinya dapat digerakkan untuk menjadikan Sumatera Utara sebagai salah satu daerah yang memberi kontribusi besar bagi terwujudnya Ketahanan Pangan Nasional. [ded]

Pemprov Sumut Segera Bagikan Rp. 260 Miliar Bantu Warga Terdampak Covid 19

Sebelumnya

Kadispar: Kalau Ada yang Bandel tak Ada Rasa Kemanusiaannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Pemerintahan