post image
KOMENTAR
Gubernur Sumatera Utara, H Gatot Pujo Nugroho, mencanangkan Tahun Kunjungan Wisata Samosir 2014-2015 dalam Puncak Perayaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Samosir ke 10 di Kantor Bupati Samosir di Kecamatan Pangururan, Jumat (28/2/2014).  Pencanangan diharapkan menjadi momentum kebangkitan pariwisata Samosir.

Gubsu menekankan dua kunci sukses untuk menarik wisatawan datang ke Danautoba dan Samosir,  yaitu pembangunan infrastruktur sosial budaya dan infrastruktur kepariwisataan. Menurutnya infrastruktur budaya sangat menentukan kepuasan wisatawan. Konsep budaya  Batak  'Dalihan Na Tolu', kata Gubsu, sebenarnya bisa dijadikan modal sosial dalam meningkatkan pelayanan bagi wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba.

"Semua wisatawan harus dipandang sebagai hula-hula, dan kita sebagai boru sehingga kita harus hormati, sayangi dan berikan service terbaik," ujar Gubsu di hadapan seribuan masyarakat Samosir.

Sedangkan untuk pengembangan infrastruktur kepariwisataan, Gubsu meyakinkan bahwa Danau Toba akan ditetapkan menjadi Kawasan Strategis Nasional. Dengan penetapan itu, diharapkan kawasan Danau Toba termasuk Samosir akan masuk dalam program nasional sehingga pemerintah pusat dapat ikut dalam penyediaan berbagai infrastruktur kepariwisataan.

Saat ini, Danau Toba juga menjadi kandidat pemilihan Global Geopark Network oleh Unesco. "Apa bila terwujud, maka Danau Toba bukan hanya milik Samosir, tapi juga milik dunia," ujar Gubsu.

Dalam acara tersebut pencanangan tahun kunjungan wisata Samosir ditandai dengan penekanan sirene  dan atraksi menjatuhkan tabung berisi tulisan "Terberkatilah Samosir Negeri Indah Kepingan Surga" dari paramotor.  Pesan tersebut diterbangkan dari Gunung Pusuk Buhit dengan moda  paramotor, mirip paralayang dengan mesin.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu melalui rekaman videonya juga menekankan penerapan sapta pesona untuk mensukseskan tahun wisata Samosir. "Mari bersama wujudkan Keamanan, Ketertiban, Kebersihan, Kesejukan, Keindahan, Keramahan, dan Kenangan," ujar Marie.

Marie mengatakan pembangunan kawasan Danau Toba  akan menjadi prioritas karena segera ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Nasional.  "Pusat akan memfasilitasi pengembangan Samosir, saya berharap titik awal yang baik, awal bangkitnya danau toba dan samosir," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubsu ikut menyaksikan penandatanganan MoU pengembangan kepariwisataan Samosir di bidang Sumber Daya Manusia  antara Bupati Samosir Mangindar dan Dirut Akademi Pariwisata Medan, Cosmas Harefa.

Bupati Samosir Mangindar Simbolon mengatakan bahwa pihaknya terus konsisten mengkampanyekan meningkatkan keramahan, kebersihan dan kejujuran bagi masyarakat. Hal tersebut penting karena pem(pariwisataan.Turut hadir staf Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Samsul Nusa, unsur FKPD Samosir, tokoh agama, tokoh masyarakat.[rgu]

Pemprov Sumut Segera Bagikan Rp. 260 Miliar Bantu Warga Terdampak Covid 19

Sebelumnya

Kadispar: Kalau Ada yang Bandel tak Ada Rasa Kemanusiaannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Pemerintahan