post image
KOMENTAR
Pemerintah Kabupaten Simalungun dan sejumlah tokoh Kristen, Selasa (11/3/2014) pagi melakukan penanaman Haminjon (kemenyan) di CCA (Christian Conference of Asia) Parapat, tepat di bibir Danau Toba.

Dalam kegiatan tersebut, TobaPulp, industri pulp di Parmaksian, Tobasamosir, menyumbangkan 60 batang bibit haminjon untuk ditanam, ditambah jenis-jenis bibit lainnya seperti ingul (100 batang), durian (50), petai (50) dan Eucalyptus yang merupakan tanaman pokok HTI (hutan tanaman industri) TobaPulp (100).

Penyerahan bibit tanaman dilakukan oleh perwakilan TobaPulp Santer Siahaan, dan diterima langsung panitia penanaman pohon CCA Ronald Naibaho dan Jadi Pane.

Dalam keterangan persnya, Santer Siahaan mengatakan, Haminjon yang multi-manfaat, salah satu vegetasi alam yang terdapat di kawasan hutan di sekitar Danau Toba. Penanamannya merupakan bagian dari semangat melestarikan dan mengembangkan vegetasi lokal.

"Kita berharap Haminjon yang ditanaman akan tumbuh secara alami, dan secara tradisional diambil hasil (getah)-nya oleh petani yang bermukim di sekitar kawasan hutan. Getah dengan bau khas ini bermanfaat sebagai bahan penolong untuk industri parfum, dan Haminjon juga digunakan untuk ritual tertentu," sebut Santer Siahaan.

Kegiatan penanaman ini dihadiri para tokoh Kristen seperti DR RE Nainggolan (Ketua PUSERA), Pdt Dr Jamilin Sirait (Korwil PGI-Sumut), juga Bupati Simalungun JR Saragih, Sekda Gideon Purba beserta jajaran SKPD, dan Camat Girsang Sipangan Bolon Drs Jon Wenry Purba.

"Saya berharap dengan bantuan yang diberikan, dapat meningkatkan penanaman dan perawatan tanaman agar lebih pasti pertumbuhannya," kata JR Saragih.

Dalam kegiatan tersebut JR Saragih menjanjikan bantuan senilai Rp500 juta untuk penyempurnaan taman, plus sambungan listrik dan juga air bersih di Taman CCA Parapat.

Taman yang dibangun di atas lahan seluas 5 (lima) hektar berdasarkan komitmen panitia peserta Jubelium 50 Tahun CCA di Parapat, 2007. Komitmen ini sebagai wujud syukur serta kepedulian terhadap kelestarian lingkungan alam ciptaan Tuhan. [ded|rel]

Berhasil Kumpulkan Dana Rp 30 Juta, Pemkot Palembang Sumbang Untuk Beli APD Tenaga Medis

Sebelumnya

Virus Corona Menjadi Alasan Deretan Pasangan Artis Ini Tunda Pernikahan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ragam