post image
KOMENTAR
Kecurigaan mengenai adanya peran serta Pilot MH370 Kapten Zaharie Ahmad Shah dalam kasus hilangnya pesawat tersebut semakin membesar. Hal ini didasarkan pada hasil penyelidikan non teknis, dimana beberapa simulator penerbangan telah dihapus.

Informasi tentang data yang dihilangkan dari simulator penerbangan Kapten Zaharie ini disampaikan pejabat sementara Menteri Transportasi Malaysia, Hishammuddin Hussein, hari Rabu kemarin (19/3) seperti dikutip dari CNN.

Namun demikian, sebut CNN, penemuan tentang data yang dihilangkan itu belum dapat disimpulkan sebagai upaya menghilangkan jejak di simulator penerbangan. Bisa jadi, penemuan ini akan berujung pada jalan buntu juga.

Bisa jadi juga, informasi ini melengkai teori bahwa satu atau lebih awak pesawat terlibat dalam peristiwa yang terjadi 12 hari lalu itu.

Pesawat MH370 terbang tengah malam dari Kuala Lumpur menuju Beijing, Republik Rakyat Tiongkok. Di tengah perjalanan, di atas Laut China Selatan, pesawat putus hubungan dengan menara pengawas. Namun dari radar diketahui bahwa pesawat berbalik arah, melintasi Semenanjung Malaysia dan hilang dari pantauan radar sama sekali.

Para penyelidik juga tengah mengumpulkan latar belakang dari 239 penumpang dan kru yang ikut dalam penerbangan itu.

Perhatian khusus diberikan kepada pilot dan first officer yang ketika itu bertugas melayani MH370. Namun pihak yang otoritatif belum bisa menjelaskan dengan bukti-bukti yang kuat yang membuktikan keterlibatan mereka dalam insiden ini.

Sejauh ini Hishammuddin Hussein tidak menyatakan lebih ditil, informasi apa saja yang dihapus dari data di simulator penerbangan yang digunakan sang pilot. Juga tidak disebutkan siapa yang kemungkinan menghapuskan data itu.[rmol/rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa