post image
KOMENTAR
Penurunan aktivitas Gunung Sinabung membuat Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) menurunkan statusnya dari Awas (level IV) menjadi Siaga (level III). Status Siaga tersebut mulai berlaku sejak hari ini, Selasa (8/4/2014) pukul 17.00 WIB.

Terkait penurunan status tersebut, PVMBS juga telah merekomendasikan pengungsi dari 8 Desa dan 1 Dusun disekitar Sinabung sudah diperbolehkan pulang. 8 Desa dan 1 dusun tersebut yakni Desa Mardinding, Perbaji, Selandi, Sukanalu, Sigarang-garang, Kutarakyat, Kutatengah, Kutagugung dan Dusun Lau Kawar.

Sedangkan 7 Desa dan 1 Dusun lainnya yang dinilai masih berpotensi terdampak guguran lava masih tetap harus mengungsi seperti Desa Suka Meriah, Bekerah, Simacem, Gurukinayan, Kutatonggal, Berastepu, Gamber dan Dusun Sibintun.

Kepala BPBP Syamsu Maarif telah memerintahkan BNPB dan BPBD melakukan persiapan pemulangan pengungsi di desa-desa dan dusun yang warganya sudah boleh kembali. Pemulangan diatur dan dibantu kendaraan sehingga lancar seperti pada pemulangan pengungsi tahap pertama. Sedangkan sisa pengungsi secepat dilakukan penanganan, termasuk persiapan relokasi bagi warga Desa Sukameriah, Bekerah dan Simacem.

"Gubernur Sumut diharapkan nanti dapat berperan lebih aktif menangani pengungsi Sinabung," demikian BNPB.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa