post image
KOMENTAR
‪Konflik rebutan  lahan hak guna usaha (HGU) PTPN II, Jalan Pasar II, Gang Sedayu, Desa Kelambir V, Hamparan Perak, Deli Serdang, Selasa (11/11/2014) siang.

Seorang penggarap bernama R Purba (58), warga Jalan Wijaya Kesuma, Kecamatan Helvetia  tewas setelah diserang sekelompok pemuda yang ingin menguasai tanah garapan tersebut.

‪Penggarap yang tewas diketahui bernama R Purba (58), warga Jalan Wijaya Kesuma, Kecamatan Helvetia.

Ayah empat  anak yang diketahui sebagai Wakil Ketua Kelompok Tani Sedayu Hamparan Perak tewas dengan setelah setelah dibacok dibagian kepala oleh kelompok penyerang membawa klewang dan senjata lainnya.

"Mereka tiba-tiba menyerang," kata rekan korban Siswanto (35).                       

Dikatakannya,  korban sempat dilarikan ke  ke Klinik Mariana, Jalan Kemiri, Kelurahann  Tanjung Gusta, namun nyawanya tidak terselamatkan. Selannjutnya, jenazahnya korban kemudian dibawa ke rumah duka untuk disemayamkan.

"Kami duga yang menyerang dibayar PTP. Terakhir bentrok di sana terjadi pada 28 Oktober lalu," sebutnya.

‪Bukan hanya di lokasi yang digarap R Purba, sejumlah titik lahan bekas HGU maupun yang masih HGU PTPN 2 masih menjadi objek rebutan di Sumatera Utara. Konflik bukan hanya terjadi antar penggarap dan ormas. Aksi kekerasan juga kerap terjadi antara penggarap dengan pihak PTPN2.‬

‪Konflik yang terjadi di lahan yang diperebutkan sudah banyak menyebabkan jatuhnya korban jiwa, apalagi luka. Namun, pemerintah tidak juga tegas dalam membuat kebijakan terkait lahan yang diperebutkan itu.‬[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Peristiwa