post image
KOMENTAR
Eksponen Presidium Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (Ekspresi BEM) Kota Medan melakukan kegiatan penghijauan dan sosialisasi penanggulangan bencana bertema "Lestari Alamku, Lestari Generasi Bangsaku", di Kelurahan Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan.

Kegiatan lingkungan sekaligus penanaman bibit Bakau itu turut dihadiri Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Kelautan Medan Ahcyar, Kadis Pendapatan Medan M Husni, Kadis Kebersihan Medan Endar, serta pejabat dan warga sekitar.

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dalam sambutannya menyampaikan rasa apresiasi kepada Ekspresi BEM Kota Medan atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi sekaligus penanaman bibit Bakau di daerah utara Kota Medan itu. Menurut Eldin, apa yang dilakukan Ekspresi BEM Kota Medan merupakan wujud kecintaan dan kepeduliaan terhadap lingkungan, yang amat berguna bagi kelangsungan generasi bangsa mendatang dalam konteks pelestarian alam.

"Atas nama Pemerintah Kota Medan,  saya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan adik-adik Ekspresi BEM Kota Medan. Pemerintah tentu berbangga dan bahagia masih maunya generasi muda memikirkan lingkungan," kata Eldin.

Mantan Sekretaris Daerah Kota Medan itu juga mengatakan, sekecil apapun yang dilakukan elemen masyarakat untuk lingkungan, sangatlah bermanfaat bagi kebaikan ekosistem dan masyarakat di daerah setempat. "Jadi kita harus merawatnya, menjaga lingkungan dengan segala yang kita bisa. Sekecil apapun yang kita lakukan tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat. Saya berharap kegiatan ini terus dilakukan, tak hanya oleh Ekspresi BEM saja, mahasiswa dan segenap masyarakat," ungkapnya.  

Kedepan lanjut Eldin, Pemko Medan akan mensinergikan seluruh stakeholder terkait bersama masyarakat untuk menggalakkan penanaman pohon dan penghijauan sebagai upaya penanggulangan bencana.

"Kita tahu bersama bahwa persoalan banjir merupakan momok bagi kota ini. Saya harap ke depan secara bersama kita dapat saling bersinergi menggalakkan kepedulian terhadap lingkungan. Banyak cara dalam menjaga dan melestarikannya, salah satunya seperti apa yang dilakukan Ekspresi BEM Kota Medan," katanya.

Eldin meminta Dinas Pertanian dan Kelautan Kota Medan senantiasa membuka ruang komunikasi dengan segenap elemen, guna mewujudkan wacana dan program-program penghijauan serta kepedulian terhadap lingkungan. "Sebagus apapun drainase yang kita bangun, jika saluran pembuangannya tidak baik, tetap saja air melimpah ke badan jalan dan terjadi banjir. Dinas terkait harus menggandeng semua pihak dalam menggalakkan program-program seperti ini," harapnya.
 
Ketua Panitia Kegiatan Yamin Daulay sebelumnya mengatakan, permasalahan lingkungan hidup merupakan persoalan yang sangat komplek saat ini. Untuk itu tentu diperlukan kepedulian semua pihak, karena persoalan tersebut menjadi tanggung jawab bagi seluruh masyarakat. "Semoga kegiatan ini dapat kita laksanakan di tahun-tahun berikutnya. Kehadiran wali kota dalam kegiatan ini tentu memberi spirit bagi kami. Hal ini menunjukkan kalau Pak Wali Kota juga peduli terhadap masalah lingkungan di Kota Medan," kata Yamin.

 Yamin tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut berkontribusi atas terselenggaranya kegiatan ini. Terutama kepada Dinas Pertanian dan Kelautan Kota Medan.

"Kegiatan ini terealisasi juga tentu berkat doa kita bersama. Semoga kegiatan semacam ini dapat terus kita gelar setiap tahunnya, dan akan semakin baik lagi. Kita berharap tumbuhnya kesadaran bersama atas pelaksanaan kegiatan ini," pungkasnya.

Secara simbolik, wali kota bersama pimpinan satuan kerja perangkat daerah dan panitia kegiatan melakukan penanaman bibit Bakau, persis di bibir laut Kelurahan Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan.  Usai makan siang bersama, aksi penanaman 1.000 bibit Bakau dilanjutkan oleh ratusan mahasiswa yang tergabung dalam BEM Kota Medan dan masyarakat setempat. Masyarakat pun tampak antusias dalam kegiatan sosialiasi tersebut.[rgu]

Ibu Tanah Air

Sebelumnya

16 Titik Api Dideteksi Di Sumatera, Singapura Berpotensi Berkabut

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Rumah Kaca