post image
KOMENTAR
Wakil Gubernur Sumatera Utara Ir H Tengku Erry Nuradi MSi merangkul berbagai pihak dalam mengembangkan ekonomi syariah di Sumut dengan melibatkan pakar ekonomi, pelaku usaha, praktisi dan pelaku perbankan. Langkah strategis ini ditempuh guna mengembangkan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) di Sumut.

Hal ini dikemukakan Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi yang juga Ketua Umum MES Sumut, usai rapat pematangan pelaksanaan Pengukuhan Pengurus MES Sumut di rumah dinasnya, Jl Teuku Daud Medan, Jumat (30/1/2015).

Hadir Ketua Pelatikan Pengurus MES Sumut Riadil Akhyar, sejumlah pakar ekonomi, bankir, palaku bisnis dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Sumut Tengku Erry menyatakan, kepengurusan MES Sumut periode 2015-2017 punya tanggungjawab memasyarakatkan konsep ekonomi syariah di Sumut. Selain itu, pengurus juga akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait konsep syariah yang dapat diterapkan pada semua bidang usaha, tidak hanya dalam dunia perbankan.

"Selama ini masyarakat awam hanya mengetahui konses syariah telah diterapkan oleh dunia perbankan. Padahal, konsep syariah juga sangat baik diterapkan dalam bisnis makanan, hotel, sekolah bahkan wisata syariah," ujar Erry.

Konsep syraiah, sebut Erry, tidak hanya kuat karena didasari konsep bagi hasil (muharrabah) tetapi juga dilandasi kebersamaan.

"Jika bisnis berjalan dengan baik, semua akan mendapatkan keuntungan. Demikian juga sebaliknya," jelas Erry.

Erry juga optimis, konsep syariah akan diterima, tidak hanya umat Islam, tetapi juga seluruh masyarakat luas.

"Mereka yang menggeluti bisnis syariah, tidak hanya umat Islam. Konsep syariah ternyata mendapat apresiasi dari seluruh kalangan, tanpa membedakan agama dan keyakinan, karena menguntungkan dan sangat kuat dalam kebersamaan," jelas Erry.

Selaku Ketua Umum MES Sumut, Erry menargetkan akan membentuk 10 MES Kabupaten/Kota di Sumut hingga akhir 2015 mendatang.

"Tahap awal, kita akan mendorong 10 Kabupaten/Kota untuk membentuk di daerahnya masing-masing. Selebihnya diharapkan akan terbentuk di 33 Kabupaten/Kota hingga akhir masa kepengurusan pada 2017 mendatang," harap Erry.

Sementara Ketua Panitia Pengukuhan Pengurus MES Sumut, Riadil Akhyar mengatakan, pelaksanaan pelantikan pengurus MES Sumut akan berlangsung di aula Bank Sumut, Jl. Imam Bonjol Medan pada 5 Februari 2015 mendatang. Rencananya, pengukuhan akan dilakukan langsung oleh Ketua Umum MES Pusat yang juga Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK), DR Muliaman D Haddad.

"Selain pengukuhan Pak Wagub kebagai Ketua Umum MES Sumut, dalam acara yang sama nanti juga dilakukan pelatikan pengurus MES Kabupaten Langkat dan Kota Tanjung Balai," sebut Riadil.[rgu]

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Sebelumnya

Selamat, JNE Medan Raih 4 Penghargaan di Indonesia Marketeers Festival 2020

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi