post image
KOMENTAR
Meski telah dihimbau untuk tidak memasuki zona tidak aman, namun petugas tetap menemukan adanya warga yang nekad memasuki zona yang ditetapkan pada radius 7 kilometer dari Gunung Sinabung tersebut. Pembuatan portal yang dibangun dengan menggunakan materi batu, kayu dan besi oleh pemerintah tidak membuat warga kehabisan akal untuk tetap masuk ke ladang mereka melalui jalur-jalur lain.

Salah seorang petugas dari TNI yang ditugaskan menjaga akses masuk di Desa Guru Kinayan mengaku mereka kesulitan untuk menjaga kawasan tersebut agar steril dari warga. Sebab, terdapat sejumlah jalur tikus yang bisa digunakan warga untuk sampai ke ladang mereka yang juga masuk zona bahaya tersebut.

"Kalau yang masuk lewat jalan utama ini memang kita larang, tapi masalahnya mereka masuk dari jalur-jalur lain ke ladang mereka," kata Sertu Mussa, Sabtu (6/6/2015).

Selain di pintu masuk Desa Guru Kinayan, petugas juga melakukan penjagaan pada pintu masuk ke Dusun Sibintun maupun Desa Pintu Mbesi yang juga masuk dalam radius bahaya erupsi Sinabung. Hingga kini aktivitas gunung tersebut masih tinggi sehingga warga terpaksa mengungsi. Total sekitar 2.700 pengungsi saat ini ditempatkan pada 4 posko pengungsian di Kabanjahe dan Desa Batu Karang.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Peristiwa