post image
KOMENTAR
Pilkada Medan 2015 dipastikan hanya diikuti oleh pasangan calon usungan partai politik atau gabungan partai politik. Hal ini terjadi karena bakal calon dari kalangan independen dipastikan tidak ada, menyusul tidak adanya bakal calon independen yang menyerahkan berkas dukungan kepada KPU Medan.

Berdasarkan perhitungan jumlah suara, kemungkinan besar pilkada tersebut hanya diikuti oleh 4 bakal calon usungan partai politik saja. Jumlah ini diperoleh dari estimasi jumlah suara minimal ataupun kursi minimal di DPRD Kota Medan agar memenuhi syarat untuk mengusung.

"Memang kalau dari total kursi bisa 5 maksimal, namun kalau dilihat dari jumlah kursi masing-masing parpol, maka kemungkinan besar maksimal jumlahnya hanya 4 saja. Karena tidak mungkin 1 partai yang memperoleh diatas 5 kursi berbagi suara atau dukungan," kata Komisioner KPU Medan Pandapotan Tamba, Jumat (18/6/2015).

Tamba menjelaskan, sesuai PKPU no 09 tahun 2015, syarat dukungan untuk pasangan calon dari jalur partai politik yakni mendapatkan dukungan minimal sebanyak 20 persen dari total kursi, atau jika menggunakan jumlah suara sah, maka dukungan minimal yakni 25 persen dari total akumulasi suara sah.

"Apalagi di Medan kan tidak ada partai politik yang bisa mengusung sendiri calon mereka," ungkapnya.[rgu]

Penundaan Pelantikan Kepala Daerah di Kepulauan Nias akan Membuat Kepulauan Nias Semakin Mundur!

Sebelumnya

Maju di Pilkada Sumut, Sofyan Tan Pasti Punya Hitung-hitungan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga