post image
KOMENTAR
Pihak Kepolisian Resor Tanah Karo berencana untuk mengajarkan pengungsi Sinabung untuk menjadi peternak. Hal ini dilakukan sebab lahan pertanian yang selama ini menjadi andalan warga Karo untuk menopang perekonomian mereka sudah hancur akibat tertutupi abu vulkanik dari Sinabung.

Demikan disampaikan Kapolres Tanah KAro, AKBP Viktor Togi Tambunan. Ia bahkan mengaku siap mengucurkan dana awal untuk lima pengungsi yang siap bertransformasi menjadi peternak.  
"Langkah awal 5 orang dulu, program ini khusus bagi ibu rumah tangga. Nanti mereka mendapat penyuluhan dari pihak yang berpengalaman," katanya, Senin (22/6/2015).

Viktor menambahkan, ide beternak ayam dinilai menjadi pilihan terakhir yang dipilih dari beberapa ide lainnya seperti beternak lele dan belut. Dua ide terakhir dinilai tidak cocok karena kultur alam yang dinilai tidak cocok.

Untuk merealisasikan ternak ayam ini, polisi kata dia sudah berkoordinasi dengan Dinas Tarukim yang siap menyediakan lahan peternakan. Ia berharap bila program ini lancar, ada pihak dari perbankan yang memberikan kredit kepada pengungsi lainnya.

"Tentunya kredit yang sangat membantu. Mereka inikan sedang musibah," ujarnya.

Diakuinya ide ini sudah lama diusulkannya, namun selalu ditolak. Ia memaklumi karena mayoritas penduduk Tanah Karo merupakan petani, sehingga masih gagap dalam beternak.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa