post image
KOMENTAR
Kondisi Junaidi Purba (37) yang ditembak polisi akibat  keributan dalam penangkapan 3 pelaku kejahatan di Jalan Karya VII,  Senin (20/7/2015), terus membaik.

Dia bahkan sudah mampu menceritakan kronologi peristiwa yang dialaminya.

Meski  bernapas masih dibantu dengan selang oksigen dan masih diinfus, Junaidi yang masih dirawat di ruang ICU Rumah Sakit  Bhayangkara Polda Sumut, Jalan KH Wahid Hasyim, sudah mampu berbicara dengan lancar tapi pelan.

Junaidi mengatakan,  penembakan itu terjadi saat  keributan antara warga dengan polisi yang menangkap tiga keponakannya, Agus, Hermanto dan Firdaus.

 "Awalnya aku tanya sama polisi, mana surat penangkapan kalian, tapi  mereka tidak dapat menunjukkan. Mereka malaha bilang 'kok kau (Junaidi) pula yang ribut'," jelas Junaidi menirukan suara oknum polisi yang melakukan penangkapan itu, Selasa (21/7/2015).

Saat perdebatan antara dirinya dengan petugas polisi, masa yang sudah ramai menarik satu dari lima petugas kepolisian hingga terjatuh.

"Mungkin aku dikira yang menarik, padahal aku mau menolong polisi yang jatuh itu. Pas  balik badan, tiba-tiba aku ditembak dari belakang tembus ke dada. Ditembak dari jarak sekitar 2 meter. Rasanya panas dan pedih. Pelurunya kemudian kena ke muka keponakanku si April," katanya.

Junaidi menjelaskan, penembakan itu tidak diawali tembakan peringatan. "Cuma dua kali tembakan. Setelah menembakku, baru ada tembakan peringatan, karena si Firdaus lari," ujarnya.

 Junaidi lalu  memberitahukan dirinya tertembak ke polisi. Petugas kemudian membawanya masuk ke mobil dan melarikannya ke RS Sari Mutiara dan dirujuk ke Rumah Sakit Bhayangkara Medan.

Adik Junaidi bernama  Jonradiman Purba membantah  bahwa mobil Avanza polisi telah dirusak massa hingga kacanya pecah.

"Sampai di Rumah Sakit Sari Mutiara mobil itu  bagus-bagus saja. Hanya kaca depannya retak. Tapi pas dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara kok jadi hancur begitu. Kami ada bukti fotonya," jelasnya.

Hingga kini,  belum ada permintaan maaf dari pelaku penembakan itu. Namun, Kapolsek Helvetia Kompol Roni Bonic telah datang menjenguk. "Katanya semua pembiayaan perobatan menjadi tanggung jawabnya," jelasnya.

Mengenai laporan ke Propam, Jonradiman dan Junaidi menyerahkan proses itu ke kakak mereka, Rosmadiman br Purba. "Yang buat laporan kakak saya. Sekarang dia sedang di Polres," pungkasnya.

Sementara itu, Kapolsek Helvetia Kompol Ronni Bonic ketika dikonfirmasi mengenai biaya perobatan korban penembakan mengaku, masih melakukan koordinasi.

"Masih kita lakukan upaya koordinasi," pungkasnya.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa