post image
KOMENTAR
Wakil Gubernur Sumut, T Erry Nuradi menilai, masyarakat Sumatera Utara sangat bijak dalam menyikapi setiap peristiwa, termasuk insiden Intoleransi di Tolikora, Papua.

Pasalnya, masyarakat Sumut tidak terpancing dan terprovokasi terkait insiden itu.

"Ini merupakan kebanggan seluruh komponen lintas agama dan etnis di Sumut yang merespon positip insiden intoleransi yang terjadi di Tolikora, Papua, dengan memberikan pemahaman kepada umatnya agar tidak melebar ke Sumut," kata T Erry saat menghadiri menghadiri acara Silaturahmi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut dengan pemuka-pemuka agama di Medan Club, jalan Kartini, Rabu (22/7/2017).

Erry menilai, majelis lintas agama dan ormas-ormas keagamaan di Sumatera Utara, hakikatnya menyesalkan dan mengutuk keras indisiden Intelorensi yang terjadi di Kabupaten Tolikara, Provinsi Papua.

Namun, semua tetap berfikiran jernih dengan menyerahkan penyelesaiannya kepada pemerintah dan aparat hukum.

"Masyarakat Sumut tidak terpancing dan  itu modal utama dalam mengantisipasi kekisruhan antar agama akibat insiden yang sebagian orang menilai berbau SARA," katanya.

Meski kondisi Sumut kondusif, namun Erry tetap mengingatkan bahwa peristiwa Tolikara harus menjadi pelajaran  bagi Sumut, dalam upaya memelihara kerukunan dan setiap potensi konflik harus dieliminir secara dini.

"Kita juga mengingatkan bupati dan walikota bersama fokorpimda masing-masing di  kabupaten/  kota se-Sumut agar terus membangun komunikasi dan mendeteksi secara dini setiap benih konflik dan jangan ada pembiaran," pungkasnya.[rgu]

Pemprov Sumut Segera Bagikan Rp. 260 Miliar Bantu Warga Terdampak Covid 19

Sebelumnya

Kadispar: Kalau Ada yang Bandel tak Ada Rasa Kemanusiaannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Pemerintahan