post image
KOMENTAR
Tiga orang pelaku perampokan toke getah di Padang Lawas Utara (Paluta) diringkus oleh Satreskrim Polres Tapsel.

Ketiganya adalah Deddy (40) warga Laut Tador, Tebing Tinggi, Zakaria (40) warga Medan Denai dan seorang wanita  Novi Sahara Boru Sihombing (20)  warga Pancur Batu.

Polisi terpaksa menembak dua kali kaki kiri Deddy dan Zakaria karena saat diamankan melakukan perlawanan.

"Ketiganya diamankan pada Kamis (13/8) malam sekitar 23.00 WIB. Ketiga pelaku   terlibat pencurian dengan kekerasan di Desa Siholbung, Kecamatan Padang Bolak Julu, Kabupaten Padang Lawas Utara,  Rabu (12/8) sekitar pukul 22.30 WIB. Dua pelaku terpaksa ditembak karena mencoba melakukan perlawanan," kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Helfi Assegaf, Jumat (14/8).

Dikatakan Helfi, kejadian ini berawal saat toke getah Sutan Siregar (17) warga Desa Portibi Julu bersama seorang sopir Sarwan (29) dan kernet Kuat Harahap (35) mengendarai truk Colt Diesel BB 9030 JA, berangkat dari PT Kirana Sapta di Desa Panompuan setelah  menjual getah senilai Rp 4,5 juta dan  uang lain mencapai Rp 25 juta.

Dalam perjalanan pulang, truk disalip mobil Toyota Avanza hitam dan dipaksa berhenti.

Empat orang pelaku turun dari mobil dan  menodongkan senjata api dan memaksa sopir truk  turun.

"Salah seorang pelaku yang membawa kunci roda memukulkan pelipis sang sopir dan kernetnya Kuat Harahap. Keduanya  kemudian dibawa ke dalam mobil Avanza. Pelaku juga menghampiri toke getah  Sutan. Mereka  merampas tas berisi uang tunai Rp 25 juta," katanya.

Meski tasnya dirampas, kata Helfi, toke getah tersebut  berhasil melarikan diri dan meminta tolong kepada warga untuk diantarkan ke Polsek Gunung Tua.

Sementara para pelaku membawa truk milik korban dan mengikat tangan dan melakban mata sopir dan kernet truk kemudian dibawa menaiki mobil Avanza.
HP Nokia dan uang di Rp 10.250.000 dari celana korban juga diambil.

"Sopir dan kernet kemudian dibuang di Desa Aek Honas, Kecamatan Binanga, Paadang Lawas. Keduanya akhirnya bisa membuka tali dan melaporkan ke Polsek Barumun Tengah dan diantar ke Polsek Gunung Tua. Sementara truk milik korban dibawa ke arah Desa Siholbung Padang Bolak," ujarnya.

Dijelaskan Helfi, saat ini pelaku masih menjalankan pemeriksaan di Polres Tapsel.

"Petugas juga masih melakukan pengejaran terhadap empat pelaku lainnya yang melarikan diri," pungkasnya.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa