post image
KOMENTAR
Para tokoh lintas agama dan LSM yang bergerak di bidang lingkungan hidup memperingati Hari Perdamaian Dunia 2015 sekaligus mendeklarasikan Indonesia Bergerak Menyelematkan Bumi (SIAGA Bumi) di Taman Perdamaian Gedung DPR, Senayan, Jakarta (Senin, 21/9).

Dalam acara itu hadir Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar, dan Ketua Tim Pengarah SIAGA Bumi Din Syamsuddin.

Dalam pidatonya, Zulkifli menekankan dua hal yang perlu diperhatikan. Pertama, para pendiri bangsa pada 1945 telah merumuskan konsep perdamaian luar biasa, yang dinamakan Pancasila.

Konsensus yang dicapai oleh pendiri bangsa itu menyebutkan apapun agamanya, apapun etnis, setiap bangsa Indonesia adalah satu. Perbedaan menurutnya justru menjadi peluang dalam membangun bangsa ini.

"Jadi, jelas bahwa para pendiri bangsa telah meletakkan dasar-dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar Zulkifli.

Kedua, menurut ketua umum PAN itu, sesuai Pembukaan UUD NRI Tahun 1945, tujuan Indonesia bernegara adalah untuk mencerdaskan dan memakmurkan rakyat.

"Kita maju atau tidak bukan bergantung pada sumber daya alam, melainkan karena pendidikan," tukas Zulkifli.[rgu/rmol] 

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa