post image
KOMENTAR
Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin tidak menyangkal jika wilayahnya telah menjadi lumbung asap. Namun begitu ia memastikan bahwa hal tersebut tidak dilakukan dengan sengaja membakar hutan.

"Kami mengekspor asap, bener. Masa kami ngomong tidak. Lahan kami terbakar, bener. Hutan kami kena, bener. HTI kami, bener semua. Tudingan itu benar semua, tapi mengapa yang jelas itu bukan disengaja," ungkapnya sebagaimana diberitakan RMOLSumsel.com(grup medanbagus.com), Senin (12/10).

Dikatakan Alex, segala upaya telah dilakukan pihaknya dalam melakukan pemadaman di atas lahan dan hutan yang terbakar. Mulai dari bantuan personil dari TNI/Polri, serta melibatkan Manggala dan masyarakat sekitar lokasi hotspot.

"Kami sudah melakukan semua daya," ujarnya.

Saat ini pemadaman lahan gambut di Sumsel dilakukan secara masif karena melibatkan berbagai negara. Sehingga dia meminta semua kalangan termasuk media untuk memaklumi kinerja internasional yang melakukan operasi pemadaman secara tertutup.

"Memang begini, inikan operasi internasional. Semua harus benar-benar tepat, akurat, dan tidak ada kesalahan di situ. Di awal, inikan hari pertama, itu memang sangat ketat. Tapi,  Insya Allah setelah ini berjalan semuanya, ada keterbukaan untuk pers," tegas Gubernur Sumsel.[rgu/rmol]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa