post image
KOMENTAR
Terjangan lahar dingin Gunung Sinabung juga merusak sejumlah ruas jalan penghubung desa yang mengakibatkan aktifitas warga di Desa Sukatendel Kecamatan Payung Kabupaten Karo Sumatera Utara (Sumut) terganggu. Sepanjang jalan dipenuhi material bebatuan.

Hingga saat uni, warga masih berjaga-jaga untuk mengantisipasi jika lahar hujan susulan kembali datang. Terlebih lahar hujan sering terjadi secara tiba-tiba.

Warga Desa Sukatendel Kecamatan Payung Kabupaten Karo Ngawal Singarimbun mengaku panik mendengar gemuruh suara lahar yang menimpa pemukiman warga. Dirinya dan warga lainnya berhamburan keluar rumah.

"Kita semua berlarian menyelamatkan diri, apalagi datangnya lahar itu dengan membawa kayu dan batu-batu yang besar. Ada juga rumah warga yang tertimpa," ujarnya kepada wartawan, Senin (26/10/2015).

Dia berharap, pemerintah Kabupaten Karo secepatnya mengambil kebijakan terkait lahar hujan yang sering melanda Desa Sukatendel Kecamatan Payung ini. Meski tidak termasuk zona berbahaya, namun desa ini sering di landa lahar dingin atau lahar hujan Sinabung.

"Desa ini tidak masuk zona berbahaya, tapi seperti inilah sering kita alami," tukasnya.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa