post image
KOMENTAR
Plt Gubernur Sumatera Utara, T Erry Nuradi "menyalahkan" bupati pada 7 daerah yang terletak diseputaran kawasan Danau Toba atas gagalnya kawasan tersebut lolos menjadi salah satu ikon wisata dunia Global Geopark Network (GGN). Berbicara dalam Dialog Interaktif Pariwisata di Wisma Benteng Medan, T Erry mengatakan faktor utama kegagalan tersebut karena masing-masing daerah memiliki ego masing-masing. Tujuh kabupaten yang mengitari Danau Toba yakni Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Samosir, Dairi, Karo, Simalungun dan Toba Samosir.

"Kegagalan utamanya itu karena 7 bupati disana tidak pernah duduk sama membicarakan bagaimana agar Danau Toba lolos GGN," katanya, Sabtu (31/10)

Menteri Pariwisata, Arief Yahya sendiri mengatakan, masalah ego sektoral didaerah memang kerap menjadi hambatan utama dalam mengembangkan potensi pariwisata. Khusus di Sumatera Utara, ia mengatakan hal tersebut menjadi tantangan utama mereka dalam mengembangkan berbagai potensi yang ada.

"Kita ini pesaingnya negara lain. Mohon maaf ya...bandingkan (Sumatera Utara) dengan daerah lain. Kita potensinya apa pengembangannya kemana?. Kita harus introspeksi," ungkapnya.

Ia menambahkan di level pusat mereka sudah mendeteksi persoalan-persoalan didalam industri kepariwisataan. Kelemahannya secara nasional yakni karena masih lemahnya promosi. Tetapi kondisi ini semakin diperparah dengan ego yang muncul pada daerah masing-masing seperti yang terjadi di Danau Toba.

"Disini kita harus membandingkan dengan daerah lain, mereka sudah dimana sementara kita sampai dimana," ujarnya.

Dialog ini menjadi salah satu rangkaian acara dari Festival Buah dan Pameran Pariwisata di Wisma Benteng, Medan yang digelar untuk memperkenalkan potensi buah lokal ke manca negara.

Selain Arief Yahya, Plt Gubernur Sumut T Erry Nuradi, Anggota DPR RI asal Sumatera Utara Sofyan Tan, dan Deputi Keimigrasian Ronnie F Sompie juga hadir dalam kegiatan tersebut.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa