post image
KOMENTAR
Hakim Pengadilan Negeri Palembang yang memutuskan PT Bumi Mekar Hijau (BMH)  tidak bersalah,  dalam kasus kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel), disayangkan sejumlah kalangan.

Tak terkecuali dari kalangan legislatif yang duduk di DPRD Sumsel. Anggota DPRD Provinsi Sumsel Elianuddin HB salah satunya. Ia pun berharap pada banding nanti,  pemerintah dan masyarakat dapat memenangkan gugatan tersebut.

Ia melihat fakta lapangan akibat kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumsel, banyak dampak yang dirasakan masyarakat. Baik aspek ekonomi, sosial, pendidikan maupun dampak kesehatan masyarakat yang terpapar kabut asap.

Bahkan dalam upaya penanganan kabut asap, sambung Elianuddin, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sampai turun tangan. Orang nomor satu di Indonesia itu beberapa kali ke Sumsel untuk melihat langsung upaya pemadaman kebakaran lahan.

"Kita harap banding nanti dimenangkan masyarakat Sumsel, pemerintah apapun bentuknya. Pak Jokowi sudah setengah mati ngurusin masalah asap, berapa kali dia ke Sumsel," kata anggota Komisi I DPRD Sumsel ini, dilansir rmolsumsel.com (grup medanbagus.com) Kamis (7/1).

Menurutnya, jika pada upaya banding nanti masyarakat menang, maka pelaku pembakar lahan dan hutan akan berpikir dua kali untuk melakukan hal serupa.

"Ini akan jadi efek jera," tambahnya.

Selain itu ia berharap,  bencana kabut asap tahun mendatang tidak terulang lagi dengan langkah antisipasi yang telah disiapkan sejak dini. 

Sudah Diberlakukan, Parkir Sembarangan Bakal Kena Tilang Elektronik di Medan

Sebelumnya

Perkosa Banyak Pria, Pelajar Indonesia Reynhard Sinaga Dihukum Seumur Hidup Di Inggris

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Hukum