post image
KOMENTAR
Untuk tahun 2016, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) tidak membuka Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Hal ini dikarenakan, di tahun 2016, Pemprovsu belum berencana melakukan pemangkasan pegawai negeri sipil (PNS).

"Walaupun begitu, saat ini jumlah PNS di Pemprovsu masih cukup. Jadi kita tidak perlu mengurangi jumlah PNS, apalagi menambah jumlah PNS," kata Kabid Pengadaan dan Pembinaan BKD Sumut, Kaiman Turnip, saat ditanya terkait rencana pemerintah pusat akan melakukan pemangkasan PNS sebesar 37,1 persen untuk penghematan belanja pegawai tahun 2016, Rabu  (6/1).

Dia mengatakan, perhitungan badan kepegawaian daerah (BKD) Provsu, sampai 2020 nanti PNS yang ada masih bisa dimaksimalkan.

"Tahun ini kita tidak membuka pendaftaran untuk CPNS, kami cukupkan dengan PNS yang ada," ujarnya.

Namun, saat ditanya terkait penerimaan CPNS di pemerintahan Kabupaten/kota, Kaiman mengaku belum mengetahuinya karena hingga saat ini belum ada surat yang masuk ke BKD Sumut.

"Pemkab/Kota biasanya langsung ke pusat berkoordinasi soal dibukanya penerimaan CPNS di daerahnya. Jadi ke Pemprovsu belum ada surat Kab/Kota terkait penerimaan CPNS itu," ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, jumlah PNS Pemprovsu ada 11.800 orang. "Jikapun  lima tahun kedepannya Pemprovsu tidak melakukan perekutan CPNS, itu tidak masalah dalam melayani masyarakat. Artinya, dengan jumlah PNS yang ada Pemprovsu masih maksimal dalam melayani masyarakat," katanya.

Dia menjelaskan, kalau dihitung, bila Pemprovsu tidak menerima CPNS lima tahun kedepan, akan ada 2.000 PNS yang pensiun."Jadi, masih tersisa 9.800 PNSnya," ujarnya.

Dia mengungkapkan, alasan Pemprovsu tidak menerima CPNS dalam tiga tahun ini, adalah berdasarkan peraturan Aparatur Sipil Negara (ASN), usia pensiun PNS yang bertambah dua tahun.

Jadi, dalam dua tahun ke depan baru ada PNS Pemprovsu yang pensiun. Dengan berlakunya peraturan itu, jumlah PNS Pemprovsu yang seharusnya rata-rata bisa pensiun 500 orang tiap tahunnya, kini harus tertunda dalam dua tahun terakhir ini. Jadi tahun 2016 ini, baru ada PNS kita yang pensiun," jelasnya.

Begitupun, kata dia, bukan berarti PNS di Pemprovsu sekarang berlebih.  "Alasan lainnya,  kita tidak menerima CPNS tahun dua tahun ini, juga karena tahun 2013 lalu kita sudah terima 236 orang PNS. Semuanya tenaga teknis dan paramedis, dan itu masih cukup bagi kita," tukasnya.[rgu]

Pemprov Sumut Segera Bagikan Rp. 260 Miliar Bantu Warga Terdampak Covid 19

Sebelumnya

Kadispar: Kalau Ada yang Bandel tak Ada Rasa Kemanusiaannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Pemerintahan