post image
KOMENTAR
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengakui upaya mendamaikan Arab Saudi dan Iran, yang diinisiasi Pemerintah Indonesia, tidak mudah.

Bahkan pemerintah hingga saat ini belum menemukan langkah nyata untuk mendamaikan kedua pemimpin negara di Timur Tengah itu.

"Isu ini tidaklah semudah seperti yang diperkirakan, keadaan komplikasinya sangat banyak. Jadi, (langkah) konkretnya nanti kita lihat dari pembicaraan-pembicaraan yang akan terus kami lakukan," kata Retno dilansir antara, Minggu (10/1).

Dia mengatakan inisiatif Pemerintah Indonesia untuk mendamaikan kedua negara adalah bentuk perhatian  negara dengan penduduk muslim terbesar.

"Yang pasti dilakukan Indonesia, pertama adalah menunjukkan caring (kepedulian) kita terhadap situasi, dan juga keinginan kita sebagai negara berpenduduk muslim terbesar untuk membantu sesama," jelas Retno.

Oleh karena itu, lanjut Menlu, komunikasi terhadap kedua negara akan ditingkatkan, terlebih melalui utusan khusus yang dikirimkan Presiden Joko Widodo kepada kedua kepala negara.

Presiden Joko Widodo telah mengutus Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk menyampaikan surat kepada Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al Saud dan Presiden Iran Hassan Rouhani terkait keinginan Pemerintah Indonesia mendamaikan mereka.

"Presiden mengutus Menlu untuk membawa surat Presiden kepada Raja Arab Saudi dan Presiden Iran, dan kami sudah melakukan komunikasi dengan kedua Menlu dari negara tersebut," kata Retno.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa