post image
KOMENTAR
Tokoh masyarakat Sumatera Utara, RE Nainggolan meminta agar seluruh elemen masyarakat di Sumatera Utara mendukung rencana pembentukan Otorita Danau Toba yang digagas oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli.

Tokoh yang juga penggagas Danau Toba masuk dalam Global Geopark Network (GGN) tahun 2015 lalu ini menilai, Danau Toba sebagai salah satu destinasi andalan di Indonesia tahun 2016 harus ditangani oleh satu manajemen sehingga tidak terjadi miss match dalam pengelolaannya.

"Kita sudah lama menantikan adanya satu manajemen yang menangani Danau Toba," katanya kepada medanbagus.com, beberapa waktu lalu.

Mantan Sekda Provinsi Sumatera Utara ini menyebutkan, perhatian yang diberikan oleh pemerintah pusat ke Danau Toba harus dilihat dari sisi positif. Mengingat perhatian seperti ini belum pernah diberikan oleh pemerintah pusat ke Danau Toba selama ini.

"Dalam sejarah ini baru pernah terjadi, ada 5 menteri duduk satu meja membicarakan Danau Toba dan tidak di Jakarta melainkan dipinggir danau, ini harus kita apresiasi," ujarnya.

Dampak dari rencana ini sendiri menurut RE sudah mulai terlihat dengan dimulainya pembenahan beberapa infrastruktur seperti akses jalan sekeliling Danau Toba.

"Satu contoh misalnya jalan dari Medan ke Dairi Sidikkalan terus ke Dolok Sanggul, begitu juga di Tarutung dan Siborong-borong. Jalan itu sekarang sudah jauh lebih baik," ungkapnya.

Diketahui Menteri Rizal Ramli menggandeng 4 kementerian lainnya untuk membenahi Danau Toba sebagai salah satu destinasi unggulan wisata di Indonesia.[rgu]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi