post image
KOMENTAR
Kabar gembira bagi masyarakat desa. Dana desa dari tahun ke tahun dijanjikan akan meningkat.

Menteri Desa Marwan Jafar mengatakan jika tahun 2016 sebesar Rp 47 triliun maka tahun depan dipastikan naik lagi, bahkan bisa dua kali lipatnya.

"Ini sesuai dengan janji Pemerintah Pak Jokowi untuk beri Rp 1 miliar ke desa dan sudah terwujud," ujar Menteri Marwan saat berdialog dengan kepala desa se-Tangerang, di gedung serbaguna Kabupaten Tangerang, Selasa (2/2).

Pemberian dana desa yang terus meningkat ini menjadi komitmen pemerintah membangun desa. Untuk tahun 2016 saja, kata Menteri Marwan, jumlah dana desa mencapai Rp 47 triliun sehingga rata-rata desa menerima Rp 700 juta.

"Ini belum termasuk alokasi dana desa (ADD) dari APBD kabupaten, serta ada juga dana dari kementerian lain yang menjalankan program ke desa," imbuhnya.

Tak hanya itu, Menteri Marwan menyampaikan bahwa pemerintah pusat tidak akan membuat sulit proses pencairan dana desa.

Perencanaan penggunaan dana desa hingga pelaporannya cukup dengan dua lembar kertas.

Bahkan pencairannya juga akan dipotong menjadi satu atau paling jelek dua tahap. Berbeda dengan tahun 2015 yang dicairkan dalam tiga tahap.

"Pemerintah pusat semua akan mempermudah desa. Seluruhnya kita lakukan debirokratisasi dan deregulasi terhadap semua yang menghambat. Ini semangat pembenahan yang harus kita miliki bersama," tegasnya.[rgu/rmol]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi