post image
KOMENTAR
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara, Abyadi Siregar mengatakan kualitas layanan publik yang mereka survey pada seluruh SKPD di beberapa kabupaten/kota di Sumatera Utara perlu mendapat perhatian dari kepala daerah yang baru dilantik. Tahun 2015 lalu, Ombudsman Sumut melakukan survey terhadap 6 pemerintah daerah yang dianggap memiliki tingkat layanan publik tertinggi di Sumatera Utara seperti Pemprov Sumut,  Pemko Medan, Pemkab Serdang Bedagai, Dairi, Langkat dan Deli Serdang.

"Hasilnya hampir seluruh layanan publik disana masih kategori kuning (buruk) ini harusnya menjadi perhatian bagi kepala daerah yang baru dilantik," katanya kepada medanbagus.com, Kamis (18/2).

Abyadi menjelaskan, dari 6 daerah yang mereka survey terdapat kepala daerah yang berstatus incumben yang memenangkan Pilkada 2015 lalu. Keduanya yakni Dzulmi Eldin yang menjadi Walikota Medan dan Soekirman yang menjadi Bupati Serdang Bedagai.

Khusus Kota Medan, Abyadi mengatakan sudah melakukan survey sejak tahun 2014 lalu. Hasilnya pada tahun 2014 terjadi peningkatan signifikan perbaikan layanan publik di SKPD Pemko Medan dimana hampir seluruhnya masuk kategori hijau (baik). Namun di tahun 2015, hal ini menurun pada beberapa SKPD sehingga harus menjadi PR bagi Eldin.

"Ada sekitar 6 SKPD yang turun menjadi kuning. Saya lupa SKPD mana saja, namun hasil surveynya sudah kami serahkan ke Pemko Medan," ungkapnya.

Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara berharap, pelayanan publik pada seluruh pemerintah daerah di Sumatera Utara akan meningkat seiring kepemimpinan yang baru ditangan para bupati/walikota terpilih.

"Saya yakin 6 daerah yang kita survey kemarin merupakan representasi pelayanan publik pada seluruh daerah di Sumatera Utara. Karena daerah-daerah tersebut menjadi daerah dengan tingkat layanan publik terbanyak yang ada di Ibukota Provinsi dan daerah sekitarnya," demikian Abyadi.[rgu]

Pemprov Sumut Segera Bagikan Rp. 260 Miliar Bantu Warga Terdampak Covid 19

Sebelumnya

Kadispar: Kalau Ada yang Bandel tak Ada Rasa Kemanusiaannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Pemerintahan