post image
KOMENTAR
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan pelantikan terhadap kepala daerah pemenang Pilkada 2015 tahap kedua akan segera bergulir. Khusus di Sumatera Utara SK Pelantikan para kepala daerah tersebut sudah selesai dan tinggal menyerahkan kepada Plt Gubernur Sumatera Utara untuk melaksanakan pelantikannya.

Secara khusus mengenai pelantikan kepala daerah di Kabupaten Simalungun, Tjahjo mengatakan pelantikan hanya akan dilakukan terhadap JR Saragih sebagai Bupati Simalungun Terpilih. Sedangkan terhadap pasangannya Amran Sinaga selaku wakil bupati terpilih tidak akan dilantik.

"JR akan kami lantik, SK nya mungkin sudah selesai besok mungkin sudah sampai ke Gubernur. Ya satu aja (JR Saragih) yang dilantik, kan yang satu lagi (Amran Sinaga) lagi sekolah (ditahan) ya nggak dong," katanya usai menghadiri Musrenbang Sumatera Utara 2016 di Hotel Grand Angkasa, Medan, Jumat (1/4).

Tjahjo juga menegaskan, setelah pelantikan terhadap bupati JR Saragih dan kepala daerah lainnya, ia meminta agar pihak BNN juga langsung melakukan tes urin dan rambut mereka. Hal ini untuk mengetahui apakah mereka terlibat penyalahgunaan narkoba atau tidak.

"Kita akan minta langsung dites urin dan rambut. Walau kemarin lolos tapi harus dites lagi. Jangan terulang kasus Bupati OKI kemarin setelah dilantik baru ketahuan," demikian Tjahjo.

Diketahui, JR Saragih dan Amran Sinaga terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Simalungun pada Pilkada yang berlangsung ada 10 Feburari 2016 lalu. Setelah dinyatakan menjadi pemenang pilkada, wakil bupati Amran Sinaga langsung ditahan merujuk  putusan Mahkamah Agung Nomor 194/K/Pidsus/2012 per 22 September 2014 yang memvonisnya 4 tahun penjara dalam kasus penyalahgunaan wewenang saat menjabat Kadis Kehutanan Simalungun. Ia divonis melanggar Pasal 73 Ayat (1) juncto 37 Ayat (7) Undang Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang.[rgu]

Pemprov Sumut Segera Bagikan Rp. 260 Miliar Bantu Warga Terdampak Covid 19

Sebelumnya

Kadispar: Kalau Ada yang Bandel tak Ada Rasa Kemanusiaannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Pemerintahan