post image
KOMENTAR
Keluarga dari Agusman Lahagu (45) mengadukan adanya dugaan "permainan" seputar besaran pajak yang harus mereka bayarkan sesuai dengan tagihan yang disampaikan oleh pegawai pajak kepada mereka. Diketahui besaran jumlah pajak yang ditagih merupakan pemicu pembunuhan yang dilakukan oleh tersangka terhadap dua orang pegawai pajak Parado Toga Fransriano Siahaan (30) sebagai Juru sita Penagihan Pajak, KPP Pratama Sibolga dan Sozanolo Lase (35) selaku security merangkap sebagai tenaga honorer di KP2KP Kota Gunungsitoli pada Selasa (12/4) lalu.

Kuasa hukum tersangka, Dingin Pakpahan mengatakan pengaduan yang mereka sampaikan kepada polisi disebabkan adanya dugaan unsur pemerasan dalam penagihan tersebut. Ia menjelaskan kliennya kesal karena merasa diperas oleh kedua petugas pajak tersebut, dimana pada 22 Desember 2015 lalu ia menerima surat dari Kantor Pajak Sibolga mengenai tunggakan pajak tahun 2010 dan 2011 sebesar Rp 3,4 juta. Namun 3 bulan kemudian mereka datang lagi dan jumlah pajaknya naik drastis menjadi Rp 14,7 miliar.

"Pada tanggal 12 april, datanglah kedua korban kerumah tersangka mengantarkan surat paksa, di sampaiakan bahwa tersangka di beri waktu dua x 24 jam utnuk melunasi utang. Pada saat iitu disitu beliau langsung merasa pitam, pilihannya kalau tidak di bayar ya di sita semua, sementara 14 , 7 miliar itu dari mana uangnya, kalau pun di jual asset semuanya tidak akan mencukupi," katanya, Selasa (19/4).

Mereka berharap pihak kepolisian juga mengusut dugaan permainan tersebut agar seluruh rangkaian peristiwa dan penyebabnya menjadi terang benderang. Pihak kepolisian sendiri rencanannya akan menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan tersebut dan juga akan memintai keterangan dari pimpinan mereka dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatera Utara II di Pematang Siantar dan KPP Pratama Sibolga untuk mengungkap kejanggalan tersebut.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa