post image
KOMENTAR
Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan memvonis pasangan suami istri bernama Jenda Sembiring alias Ucok dan Ika Veronica Mutiara Sembiring, dengan hukuman penjara masing-masing 5 tahun. Selain mereka, hakim juga menjatuhkan vonis 5 tahun 6 bulan penjara kepada bidan bernama Magdalena Sitepu. Bukan hanya itu, hakim juga menghukum denda Rp 300 juta terhadap mereka dengan ketentuan jika tidak membayar maka mereka harus menjalani kurungan selama 3 bulan.

Vonis ini dijatuhkan dalam sidang lanjutan kasus penjualan bayi yang dilakukan oleh ketiganya yang dipimpin oleh hakim Toto Ridarto, Rabu (18/5). Ketiga divonis bersalah melakukan perbuatan yang diatur dan diancam dengan Pasal 83 jo 76 F UU 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

"Menyatakan terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah menempatkan, membiarkan, melakukan, menyuruh melakukan, atau turut serta melakukan penculikan, penjualan, dan/atau perdagangan anak," katanya.

Pasutri Jenda Sembiring alias Ucok dan Ika Veronica Sembiring merupakan warga Desa Deli Tua, Kecamatan Deli Tua, Deli Serdang. Sementara Bidan Magdalena diketahui sebagai warga Jalan Perjuangan Dusun I Batu Penjemuran, Desa Batu Penjemuran, Kecamatan Namorambe, Deli Serdang.

Ketiganya ditangkap personel Polsek Deli Tua yang menyelidiki informasi mengenai adanya penjualan bayi. Sejumlah petugas ketika itu menyamar sebagai pembeli dan menemui Magdalena. Setelah transaksi berlangsung, petugas pun menangkap Magdalena, Jenda dan Veronica.

Menyikapi hukuman yang dijatuhkan majelis hakim,  para terdakwa menyatakan pikir-pikir. Hal serupa disampaikan JPU.[rgu]

Sudah Diberlakukan, Parkir Sembarangan Bakal Kena Tilang Elektronik di Medan

Sebelumnya

Perkosa Banyak Pria, Pelajar Indonesia Reynhard Sinaga Dihukum Seumur Hidup Di Inggris

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Hukum