post image
KOMENTAR
Kebakaran lahan pada wilayah perbukitan di seputar Danau Toba kembali terjadi, tepatnya di Pulau Samosir. Salah seorang warga yang sedang berlibur di Samosir Imelda Pangaribuan mengatakan gumpalan asap terlihat mulai pukul 11.00 WIB pada Rabu (3/8) kemarin.

"Tadi pagi sekitar jam 11 asap mengepul dan sudah terlihat dari jarak sekitar 20 Kilometer. Saya melihat dari penginapan Samosir Cottage daerah Tuktuk Samosir," katanya, Kamis (4/8).

Untuk memastikan kebakaran tersebut, ia sempat berkeliling dengan suaminya menggunakan sepeda motor. Dari jarak dekat mereka melihat api membaka semak dan hutan yang ada dilokasi tersebut.

"Aduh titik apinya dekat, keliatan. Para turis lain juga sedang liatin. Ini sudah bau asap semua," ujarnya.

Kepala BPBD Samosir, Jaingot Banjarnahor membenarkan peristiwa tersebut. Ia mengatakan. Kebakaran lahan hutan tersebut terjadi di Desa Martoba, Kecamatan Simanindo, Samosir. Kondisi api yang ada di perbukitan membuat pihaknya kesulitan untuk melakukan pemadaman.

"Penanganan sudah dilakukan dengan menggunakan helikopter hingga. Tebalnya asap dan kabut menjadi kendala," jelasnya.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa