post image
KOMENTAR
Empat rumah di Dusun Pekan Selayang, Desa Selayang, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat, dilaporkan musnah terbakar, Jumat (26/8) dini hari, sekira pukul 02.00 wib.

Tidak ada laporan lanjutan terkait korban jiwa ataupun luka dalam peristiwa itu, Namun kerugian material yang diderita para korban diperkirakan mencapai lebih dari Rp 1 miliar.

Seluruh rumah yang terbakar itu, meliputi dua rumah semipermanen milik Zainuddin Panggabean (48), Atik (60), serta dua rumah permanen milik Ulin Lau Kawar (50), dan Dahlia Aritonang (60).

Menurut Keterangan yang dihimpun dari sejumlah saksi mata di lokasi kejadian, Jumat (26/8), kebakaran diawali dengan kemunculan percikan api dari teras rumah milik Zainuddin Panggabean.

Namun karena tidak adanya tindakan dini melakukan pemadaman, akibat seluruh penghuni rumah sedang tertidur lelap, volume korbaran api yang awalnya kecil, justru kian membesar.

Akibatnya api dengan cepat membakar seluruh bagian bangunan, lalu merambat dan turut menghanguskan tiga rumah di sebelahnya.

Beruntung seluruh penghuni segera terbangun dan bergegas ke luar rumah untuk meminta pertolongan, begitu menyadari suhu ruangan mendadak panas, disertai kemunculan kobaran api dan kepulan asap tebal.

Seketika itu puluhan warga turut berdatangan guna melakukan upaya pemadaman api, serta proses evakuasi korban dan sejumlah barang berharga dari ketiga rumah.

Kepala Dusun Simpang Selayang, Baharuddin, turut menghubungi pihak Pemadam Kebakaran Kecamatan Selesai, serta personel babinkamtibmas dan babinsa setempat.

Kebakaran baru bisa ditanggulangi tiga jam kemudian, setelah dua armada Pemadam Api Pemerintah Kabupaten Langkat, dibantu satu armada Pemadam Api Pemerintah Kota Binjai, tiba di lokasi kejadian.

Naas bagi para korban, Meskipun kobaran api pada akhirnya bisa dipadamkan, namun seluruh bagian rumah dan sebagian besar harta benda mereka sudah terlanjur hangus.

Pasca kejadian itu, seluruh korban diungsikan sementara waktu ke rumah tetangga dan kerabatnya, sembari menunggu kemungkinan adanya penyaluran bantuan dari Pemerintah Kabupaten Langkat.

Kapolres Binjai, AKBP Mohamad Rendra Salipu, saat dihubungi wartawan via sambungan telepon seluler, Jumat (26/8), mengaku, pihaknya masih menyelidiki dugaan penyebab kebakaran itu.

"Dugaan penyebab kebakaran masih kita selidiki,,Sebab hingga pagi tadi, Polsek Selesai dan Tim Identifikasi Polres Binjai, masih melakukan olah tempat kejadian perkara," terangnya.

"Namun dari hasil penyelidikan sementara kita, kuat dugaan kebakaran ini dipicu kemunculan percikan api akibat hubungan arus pendek listrik, dari salah satu rumah," imbuh Kapolres.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa