post image
KOMENTAR
Menjelang pelaksanaan fit and proper test calon pimpinan Badan Intelijen Negara (BIN) yang akan digelar DPR pada Rabu (7/9) besok, dukungan terhadap Komjen Pol Budi Gunawan terus mengalir dari berbagai kalangan.

Apalagi keputusan Presiden Joko Widodo lewat hak prerogatifnya menunjuk sosok yang kini masih menjabat sebagai Wakapolri itu, diharapkan mampu memberikan yang terbaik ditengah arus globalisasi.

"Perlu diingat kehadiran Pak BG dapt membawa angin segar bagi keamanan negara, mengingat Indonesia dikaruniai masyarakat yang majemuk dalam banyak hal, seperti suku, bahasa, agama dan budaya" ungkap pengamat sosial politik Bivi Edward Panggabean yang turut mendukung pilihan presiden itu kepada wartawan, Selasa (6/9/2016).

Anggota penasehat Ikatan alumni politik Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Ikapol IISIP) Jakarta ini juga mengatakan, kehadiran BG juga dianggap mampu mencium pola kemajemukan tersebut tengah masyarakat, karena ancaman disintegrasi bisa saja terjadi.

"Apalagi ritme kegaduhan ditengah masyarakat kerap terjadi, kadang kala tak ada hujan tak ada angin, terjadi perselisihan dan berujung chaos. Karena itu peran pak BG selaku pimpinan BIN yang baru nanti mampu mengasah ritme-ritme tersebut ditengah masyarakat" sebutnya.

Jadi, lanjutnya, kita percaya BG mampu apalagi bila dilihat pengalaman yang dimiliki selama menjadi prajurit di Korps Bhayangkara tersebut.

" Tentu kita tahu sosok pria pendiam dan murah senyum dan mau mendengarkan suara dari bawahannya itu bisa membawa BIN lebih baik. Semoga BIN dibawah kendali pak BG juga bisa berkerjasama dengan unsur TNI, Polri, LSM, karang taruna, tokoh agama, ormas, pelajar/mahasiswa , aktivis dan masyarakat lainnya" harapnya.

Perlu diingat juga, sambungnya, PR buat BG di zaman saat ini semakin sulit dan penuh tantangan.

"Nah, pak BG sosok yang tepat, dengan gaya kepemimpinannya. Perlu diingat konflik di wilayah Indonesia harus ditangani secara holistik, dan komprehensif dengan melibatkan masyarakat. Pak BG saya kira mampu, apabila sudah sah menjabat BIN. Publik berharap, BIN dibawah komandonya nanti punya kiat untuk mengantisipasi kegaduhan agar terhindar terjadinya konflik.

Jika tidak ada aral melintang, BG kan menjalani fit and proper test rabu besok (7/8/2016) di Komisi I DPR.[rgu]

Hilangnya Jati Diri Seorang Siswa

Sebelumnya

Delapan Butir Maklumat KAMI

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Opini