post image
KOMENTAR
Saat ini di wilayah Sulawesi Utara (Sulut) jumlah bidan mencapai 1.363 orang.
Berita Terkait

Dari jumlah itu, sekira 234 di antaranya bertugas di puskesmas dan rumah sakit di Kota Manado.

Sementara, di Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) hanya 22 bidan. Padahal, Bolsel merupakan salah satu daerah perbatasan bumi Nyiur Melambai dengan daerah lain.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulut dr Debbie Kalalo melalui Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat dr Rima Lolong mengakui hal itu.

Katanya, akibat minimnya tenaga bidan, ada beberapa desa yang harus bergantung pada satu bidan.

"Ada bidan yang melayani beberapa desa. Karena ada desa yang tidak memiliki bidan. Padahal, idealnya satu desa memiliki satu bidan," terangnya seperti dikutip dari JPNN.Com

Ia menjelaskan, ada bidan yang sebenarnya bertugas di satu desa, tapi karena terpencil atau jauh dari perkotaan, akhirnya memilih tidak tinggal di tempat dia bertugas.

Melihat jumlah desa se-Sulut yang mencapai 1.508, jumlah bidan saat ini belum ideal.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Roy Mewoh menyebut, hal itu praktis belum dapat menjamin kesehatan masyarakat, terutama di pedesaan.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sulut Femmy Suluh mengamini Sulut memang sedang kekurangan tenaga teknis.

Makanya kita sudah menyediakan alokasi anggaran untuk penerimaan PNS, khusus tenaga teknis. Kita sudah mengusulkan, tinggal menunggu hasilnya nanti,” tandasnya.[hta]

 

Inovasi Pemutus Rantai Penularan Tuberculosis Paru Melalui Wadah Berisi Lisol Terintergrasi Startegi Derectly Observed Treatment Shourtcourse (DOTS)

Sebelumnya

Cegah Stunting Melalui Pemberdayaan Masyarakat

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Kesehatan