post image
KOMENTAR
Destinasi Wisata di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara akan terus ditambah. Demikian disampaikan Bupati Simalungun JR Saragih menanggapi berbagai rencana dan program untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Simalungun. Salah satu destinasi wisata yang sedang dirancang olehnya yakni agrowisata.

"Agrowisata di Simalungun menjadi salah satu pengembangan pariwisata di Danau Toba. Dengan menghidupkan agrowisata maka wisatawan memiliki banyak pilihan untuk berlibur selain Danau Toba, wisata religi, serta heritage," ucapnya usai berolahraga di Kawasan Wisata Camping Ground di Pondok Bulu, Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Sabtu (11/3).

Menurutnya, destinasi agrowisata di Kabupaten Simalungun tersebar pada beberapa titik diantaranya di Kecamatan Purba, Tinggiraja, Tanah Jawa, Dolok Panribuan, Parapat, Tigarasmaka, Karanganyar serta Simarjarunjung.

Demi menghidupkan agrowisata, maka pria kelahiran 10 November 1968 ini bakal memperbanyak beberapa tumbuhan seperti buah-buahan, rempah-rempah. Bahkan, nantinya destinasi agrowisata wisatawan bisa menikmatinya dengan gratis.

"Kita akan buat semenarik mungkin, semua gratis. Paling penting semua wisatawan yang datang maupun masyarakat tidak boleh merusak lingkungan," lanjutnya.

Tak itu saja, dalam pengembangannya maka JR Saragih juga akan membangun tempat wisata kuliner serta kegiatan aktivitas perbelanjaan sehingga kemasan agrowisata bisa terlihat menarik oleh wisatawan. Pihaknya tentu akan berkoordinasi dengan pihak keamanan seperti Babinsa, Kepolisian, TNI hingga satpol. Fungsinya, agar masyarakat maupun wisatawan tidak boleh menebang hutan atau merusak alam yang ada di Kabupaten Simalungun.

Camat Dolok Panribuan Boas Manik menuturkan bila agrowisata akan memperkaya destinasi wisata yang ada di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Apalagi, destinasi wisata di Dolok Panribuan kebanyakan didominasi oleh hutan lindung.

"Destinasi wisata di Dolok Panribuan yakni Balai Penelitian Kehutanan serta Camping Ground di Pondok Bulu yang kerap didatangi oleh wisatawan nusantara dan mancanegara, demi menjaganya kita akan membuat aturan yang ketat agar alam tetap terjaga dengan baik," urainya.

Hal serupa diucapkan oleh Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Simalungun, Pahala Resin Sinaga yang merasa promosi akan terus dilakukan sehingga bisa membawa dampak untuk pertumbuhan perekonomian daerah dan masyarakat yang ada di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

"Kita akan membuat paket wisata yang akan bekerjasama dengan stakeholder terkait. Bagi kami, promosi sangat penting guna mengenalkan agrowisata yang ada di Kabupaten Simalungun," paparnya.

Selain itu, pihaknya juga akan menghidupkan edukasi soal agrowisata. Ini dimaksudkan agar wisatawan yang datang enggak cuma menikmati keindahan alam tetapi ilmu pengetahuan juga akan didapati selepas berlibur di Kabupaten Simalungun ini.

"Bupati Simalungun JR Saragih sudah datang langsung meninjau lokasi agrowisata, ini menjadi momen paling penting sehingga agrowisata di Simalungun sudah bisa dipromosikan. Selain itu kekuatan budaya berupa tari-tarian, pakaian adat juga akan ada di agrowisata ini," tukasnya.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa