post image
KOMENTAR
Antropolog Universitas Sumatera Utara, Fikarwin Zuska menyatakan secara keilmuan belum ada satupun penelitian yang mampu membuktikan keberadaan Suku Mante di Aceh. Hal ini disampaikannya menanggapi beredarnya video yang diunggah pemilik akun Fredo Graphy yang menyebut penampakan makhluk menyerupai manusia telanjang di hutan Aceh sebagai sosok dari Suku Mante.

"Suku Mante itu hanya ada di Folklore, dan sejauh ini belum pernah ada yang melakukan penelitian secara ilmiah dan menemukan komunitas mereka," katanya, Jumat (31/3).

Fikarwin yang saat ini menjabat Ketua Departemen Ilmu Antropologi FISIP USU menjelaskan, dalam Folklore suku Mante memang sering disebut ada. Akan tetapi, hal tersebut hanya dalam cerita turun-temurun saja dimana beberapa orang kerap mengaku melihat mereka secara sepintas dengan ciri-ciri yang berbeda dengan manusia biasa. Ciri-ciri yang sering disebutkan oleh orang yang mengaku pernah melihat antara lain seperti posisi bentuk kaki yang berbeda dengan manusia yakni tumit dibagian depan, ukuran tubuh yang pendek serta beberapa ciri fisik lainnya.

"Akan tetapi kembali saya katakan secara ilmiah belum pernah ada penelitian terhadap mereka, sehingga saya tetap ragu kalau itu adalah wujud dari Suku Mante yang disebut dalam Folklore itu," ujarnya.

Fikarwin menjelaskan, pada tahun 80-an isu mengenai penampakan suku Mante juga sempat muncul dan hal tersebut bahkan dimuat dalam salah satu koran nasional.

Akan tetapi narasumber dari kalangan antropolog yang dimintai pendapat waktu itu juga hanya menyebutkan Suku Mante merupakan kisah dalam cerita saja.

Hal ini menurut Fikarwin berbeda dengan keberadaan suku-suku terpencil lainnya seperti Suku Anak Dalam di pedalaman Jambi yang secara nyata hingga hari ini masih banyak ditemukan. Bahkan beberapa antropolog banyak yang berkecimpung dalam kegiatan pendampingan terhadap mereka saat ini.

"Kalau Suku Anak Dalam atau sering disebut orang Kubu itu memang secara nyata fisiknya bisa ditemukan dan mereka hingga saat ini ada," ujarnya.

Atas kondisi ini, ia meragukan bahwa sosok yang tertangkap kamera tersebut merupakan Suku Mante. Ia bahkan menyatakan adanya kemungkinan sosok tersebut merupakan orang yang sedang bersembunyi didalam hutan karena berbagai hal.

"Bisa saja ada kegiatan dia didalam hutan yang sifatnya disembunyikan kan. Apakah itu ilegal loging atau lainnya," demikian Fikarwin Zuska.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa