post image
KOMENTAR
Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) menyebutkan, para teroris saat ini tengah gencar menyebarkan paham radikalisme melalui media internet. Hal ini disampaikan Deputi I BNPT bidang Pencegahan & Deradikalisasi Terorisme, Mayjen TNI Agus Surya Darma dalam Workshop Program Damai di Dunia Maya, di Santika Hotel, Medan, (8/9).

"Di era digitalisasi saat ini dunia maya jadi alat menyampaikan propaganda mereka untuk mempengaruhi mind set (cara berfikit)," katanya.

Jenderal kelahiran Stabat, Sumut ini menjelaskan terdapat beberapa faktor yang membuat internet menjadi media bagi kelompok-kelompok teroris untuk menyebarkan paham radikalisme mereka. Faktor tersebut antara yakni kemudahan dalam mengakses informasi, minimnya kontrol dan aturan, memiliki audiensi yang luas, anonim, multi media (cetak, suara, foto dan video) serta berbagai kecanggihan lainnya.

"Hal ini ditambah tingginya angka pengguna internet saat ini," ungkapnya.

Saat ini BNPT menurut Agus terus berupaya melakukan pencegahan penyebaran paham radikalisme tersebut khususnya yang dilakukan melalui media internet. Salah satu yakni dengan menggandeng kelompok-kelompok pemuda yang aktif di dunia maya, para blogger dan komunitas lainnya. Hal ini dinilai efektif mengingat kelompok-kelompok ini setiap harinya selalu aktif didunia maya.[rgu]

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Sebelumnya

Ahkyar Akan Jadikan Belawan Trigger Pertumbuhan Ekonomi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa