post image
KOMENTAR
Taman Nasional Tajikistan atau Pegunungan Pamir masuk daftar warisan dunia bersama Gunung Etna di Italia dan El Pinacate dan Gran Desierto de Altar di Meksiko

Penobatan tersebut dilakukan oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) pada pertemuan yang berlangsung di Phnom Penh, Kamboja Jumat lalu (21/6/2013), seperti dilansir dari Asia-Plus.

Pegunungan Pamir yang eksotis ini mempunyai luas lebih dari 2,5 juta hektar di timur Tajikistan. Ia berada di tengah-tengah wilayah yang disebut "Pamir Knot", titik pertemuan dari pegunungan tertinggi di benua Eurasia.

Pegunungan yang indah ini terdiri dari dataran tinggi yang menjulang dari timur ke barat, dengan puncak-puncak gunung yang runcing, dan bersuhu ekstrim. Selain itu juga menciptakan gletser yang panjang, 170 sungai, dan lebih dari 400 danau di wilayah tersebut.

Selain itu pegunungan ini juga kaya akan flora dan fauna yang langka. Spesies yang bisa ditemui seperti domba marco polo, macan tutul salju, siberia ibex, dsb.  Pegunungan Pamir yang tidak dihuni oleh masyarakat ini menjadi satu-satunya situs di Tajikistan, negara bekas Uni Soviet, yang masuk kedalam daftar kekayaan alam UNESCO.[rmol/hta]

Berhasil Kumpulkan Dana Rp 30 Juta, Pemkot Palembang Sumbang Untuk Beli APD Tenaga Medis

Sebelumnya

Virus Corona Menjadi Alasan Deretan Pasangan Artis Ini Tunda Pernikahan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ragam