post image
KOMENTAR
MBC. Kerusushan di LP Labuhan Ruku kian mengkonfirmasi buruknya tata kelola dan manajemen pemasyarakatan di Indonesia.

"Terbakarya LP Labuhan Ruku Sumatera Utara merupakan bukti kondisi lapas dimanapun sama saja. Hal ini memerlukan perhatian yang serius, tidak hanya sekedar kebijakan tambal sulam," kata anggota Komisi III dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Aboe Bakar Alhabsybeberapa saat lalu Senin (18/8/2013).

Menurut Aboe Bakar, seperti disiarkan Rakyat Merdeka Online, persoalan Lapas tidak akan dapat diselesaikan dengan sidak insidental yang hanya bernuansa publisitas. Karena itu harus ada reformasi menyeluruh dalam kebijakan pemsyarakatan di Indonesia dan perlu ada road map yang menjadi peta jalan pembangunan lapas di Indonesia.

"Hal ini harus menjadi perhatian serius Presiden, karena lapas adalah wahana perbaikan diri, ini menyangkut nasib masa depan SDM Indonesia," kata Aboe Bakar, yang juga Ketua DPP PKS.

Menurut dia, jangan sampai terjadi salah asuhan di Lapas yang hanya mengeluarkan resedivis kambuhan. ''Jangan sampai pula ada istilah, masuk penjara karena mencuri bebek namun setelah keluar malah bisa nyuri motor bebek. Apalagi masuk sebagai pengguna narkoba, setelah keluar bisa jadi bandar narkoba. Sudah saatnya Presiden SBY tegas melakukan evaluasi terhadap persoalan ini, jangan sampai sungkan untuk menegur Menkumham dan Wakilnya."[ded]

Sudah Diberlakukan, Parkir Sembarangan Bakal Kena Tilang Elektronik di Medan

Sebelumnya

Perkosa Banyak Pria, Pelajar Indonesia Reynhard Sinaga Dihukum Seumur Hidup Di Inggris

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Hukum