post image
KOMENTAR
Badan Meteorologi Malaysia mengaku jika abu letusan Gunung Sinabung berembus sejauh ratusan kilometer ke wilayah mereka. Akibatnya, beberapa kota Malaysia mengalami kondisi udara buruk dengan kabut tipis yang menyelimuti.

Diberitakan laman The Star, Kamis (6/2/2014), catatan Indeks Polusi Udara (API) terburuk terjadi di Jalan Pegoh, Ipoh, Negeri Perak yang mencapai 124, dan Cheras, Kuala Lumpur yang tembus di angka 107, masuk kategori tidak sehat. Indeks udara buruk juga terjadi di Nilai, Negeri Sembilan, Banting, Selangor, dan Putrajaya.

Cuaca buruk ini telah diprediksi sebelumnya oleh Badan Meteorologi Malaysia yang mengeluarkan pernyataannya awal pekan ini. Menurut mereka, abu Sinabung sampai ke Malaysia akibat embusan angin ke arah barat laut. Daerah yang terdampak adalah wilayah selatan Malaysia.

Badan ini juga telah memberikan peringatan kepada berbagai maskapai penerbangan tentang kemungkinan gangguan akibat abu vulkanik.

"Kondisi ini akan menyebabkan abu vulkanik mengarah ke wilayah selatan semenanjung Malaysia, yang akan mengganggu penerbangan dan mengurangi jarak pandang," ujar Badan Meteorologi Malaysia.

Gunung Sinabung setinggi 2.450 meter di atas permukaan laut telah mengeluarkan letusan abu vulkanik sejak September tahun lalu. Sebanyak 16 orang dilaporkan tewas, sedangkan 30.000 jiwa lainnya terpaksa hidup di pengungsian.

Sinabung adalah satu dari 127 gunung berapi aktif di Indonesia. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat, saat ini ada 19 gunung yang berstatus waspada, tiga berstatus siaga, dan satu awas, gunung berapi lainnya dalam keadaan normal. [ded]

[Foto: ANTARA/Septianda Perdana]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa