post image
KOMENTAR
Sejumlah pedagang yang menjadi korban dalam peristiwa kebakaran di Pasar Dwikora (pasar parluasan) di Pematang Siantar mendesak agar pihak kepolisian mengungkap penyebab kebakaran yang menghanguskan 500 kios tersebut. Desakan ini muncul seiring munculnya berbagai spekulasi mengenai penyebab kebakaran, salah satunya yakni dugaan adanya unsur kesengajaan.

"Dalam 3 tahun sudah 2 kali pasar ini terbakar,tapi hingga saat ini kami tidak mengetahui penyebabnya, termasuk kebakaran tahun 2011 lalu," kata Parlindungan Pangaribuan, Senin (23/6/2014).

Dugaan api muncul dari korsleting arus pendek menurut Parlindungan sulit untuk diterima akal sehat. Sebab, sebagian besar kios di pasar tersebut dipasangi MCB (mini
circuit breaker), yang berfungsi sebagai pemutus arus, bila ada arus pendek terjadi.

"jadi dengan begitu, kemungkinan arus pendek menjadi penyebab kebakaran, sangat kecil sekali. karena, bila ada korslet, maka mcb akan memutus arus secara otomatis, apalagi itu terjadi saat malam, rata-rata pedagang mematikan lampu. jadi arus yang dipakai juga kecil. setahuku, ketika arus yang dipakai kecil, maka tingkat panas pada kabel listrik juga," ungkapnya.

Pengungkapan kasus ini menurut mereka sangat mendesak sehingga para pedagang bisa merasa nyaman berjualan di pasar tersebut untuk masa mendatang.

"kalau benar ada unsur kesengajaan, tangkap pelaku dan dalangnya. apalagi, kebakaran yang sebelkumnya belum terungkap. harusnya diungkap, karena ini menyangkut hajat hiudp belasan
ribu orang yang bergantung di pasar dwikora," tandasnya.[rgu]

Sudah Diberlakukan, Parkir Sembarangan Bakal Kena Tilang Elektronik di Medan

Sebelumnya

Perkosa Banyak Pria, Pelajar Indonesia Reynhard Sinaga Dihukum Seumur Hidup Di Inggris

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Hukum