post image
KOMENTAR

Pasukan TNI AU kembali berhasil menggagalkan upaya pesawat intai asing memasuki wilayah udara Indonesia secara ilegal, Kamis (3/7/2014). Pesawat Jenis Boeing 373-200 tersebut dipaksa mendarat di Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo sekitar pukul 12.00 WIB setelah di sergap oleh 2 unit pesawat tempur jenis F-16 milik TNI AU. Setelah mendarat, sejumlah awak pesawat intai langsung ditangkap oleh pasukan lainnya yang sudah bersiaga di pangkalan udara tersebut untuk dimintai keterangan.

Demikian salah satu adegan pada latihan Perkasa Charlie yang dilakukan oleh Komando Sektor Pertahanan Udara (Kosek Hanud) Nasional III, yang dilakukan hari ini.

"Ini merupakan latihan rutin oleh Kosekhanudnas III dimana sasarannya tentu terwujudnya sistem penangkalan untuk memasuki wilayah udara III khususnya," kata Pangkosek Hanudnas II, Marsma TNI Supri Harsanto.

Simulasi tersebut menurutnya melibatkan berbagai unsur seperti Satuan Radar, Satuan Tempur Sergap, Satuan Heli, Pangkalan Udara, Arhanud, TNI AL berkemampuan Pertahanan Udara dan unsur lainnya.

"Seluruhnya merupakan unsur Kosekhanudnas," ungkapnya.

Rangkaian latihan penangkalan pesawat asing tersebut menurutnya sudah dimulai sejak 1 Juni yang lalu dan akan berakhir 6 Juni 2014 mendatang.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa