post image
KOMENTAR
Sebanyak 1.113 mahasiswa dan 17 Tim Proyek Sains asal Sumut mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2014 di gedung Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU), Kamis (25/09/2014).  OSN Pertamina 2014 ini memperebutkan dua kategori yang dikompetisikan yaitu Kategori Teori (terdiri dari empat bidang seperti Kimia, Fisika, Biologi dan Matematika) dan Kategori Proyek Sains (bidang Aplikasi Perangkat Lunak, Rancang Bangunan dan Proyek Unggulan).

Pembukaan seleksi dilakukan oleh External Relation PT Pertamina Marketing Operation Region I, Brasto Galih Nugroho, Dekan Fakultas MIPA Universitas Sumatera Utara, Dr.Sutarman, M.Sc dan Perwakilan dari Universitas Indonesia (UI).

 External Relation PT Pertamina Marketing Operation Region I, Brasto Galih Nugroho mengungkapkan bahwa babak seleksi provinsi,  merupakan tahap penyisihan pertama OSN PERTAMINA 2014 yang kemudian akan dilanjutkan dengan seleksi tingkat nasional. Tahun ini jumlah peserta se-Indonesia mencapai 35.000 mahasiswa, melebihi peserta tahun 2013 sebanyak 25.282 mahasiswa.  

"OSN PERTAMINA 2014, merupakan  ajang tahunan dimana kali ini telah memasuki tahun ke-7.  Dengan tema “Inovasi Sobat Bumi Untuk Masa Depan Generasi”, OSN PERTAMINA 2014  tahun ini memperebutkan hadiah total senilai Rp 2 milyar," ujarnya.

Brasto juga menyampaikan bahwa OSN Pertamina merupakan Program CSR Pertamina bidang pendidikan yang bertujuan sebagai sarana mencetak generasi yang handal dan berkontribusi bagi negara.

"Kami berharap melalui OSN ini, akan lahir individu-individu cemerlang,  yang berperan akif dalam pembangunan bangsa, memiliki kepekaan terhadap permasalahan bangsa, dan terus melatih diri untuk berkontribusi memberikan solusi. Di masa mendatang, Pertamina berharap OSN bisa dikembangkan sebagai kompetisi sains tingkat ASEAN," ujarnya.

 Sementara itu Dekan Fakultas MIPA Universitas Sumatera Utara, Dr. Sutarman, M.Sc mengharapkan agar kegiatan OSN Pertamina 2014 ini dapat terus terselenggara.

"Melalui Science Olympic Games yang melibatkan Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia ini nantinya dapat membangun awareness dan acceptance mahasiswa Indonesia di bidang ilmu sains dan teknologi," ungkapnya.

Penyelenggaraan OSN-PERTAMINA 2014 terdiri atas enam tahap. Yakni sosialisasi dan koordinasi yang berupa audiensi antara DIKTI dan Perguruan Tinggi Mitra serta kegiatan Rakornas yang melibatkan panitia pusat dan daerah. Publikasi dan registrasi, yang dilakukan melalui website dan media sosial dimana registrasi peserta dilakukan secara online dan manual. Seleksi Tingkat Provinsi, atau babak penyisihan yang dilakukan serentak di 33 provinsi di Indonesia. Seleksi Tingkat Nasional, atau babak final di Jakarta yang melibatkan para finalis beserta dosen pendampingnya. Penganugerahan hadiah, kepada para pemenang dan Perguruan Tinggi Mitra sekaligus sebagai acara penutupan OSN Pertamina 2014. Evaluasi OSN Pertamina 2014, yang dilakukan untuk menjaga akuntabilitas kegiatan.[rgu]

Sandy Irawan: Miliki Lokasi Strategis, Pemko Binjai Mestinya Prioritaskan Kawasan Ekonomi

Sebelumnya

Pemprov Sumut Segera Bagikan Rp. 260 Miliar Bantu Warga Terdampak Covid 19

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Pemerintahan