post image
KOMENTAR
Jajaran Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah melaksanakan Operasi Zebra 2014 selama 14 hari. Dari hasil analisa dan evaluasi disimpulkan adanya prestasi yang baik selama pelaksanaan operasi. Satu diantaranyaa dengan turunnya angka kecelakaan hingga mencapai 41 persen.

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Condro Kirono mengatakan Operasi Zebra yang dilaksanakan serentak di seluruh Polda se-Indonesia ini difokuskan pada dua jenis pelanggaran, yaitu pelanggaran lalu lintas kasat mata dan potensi terjadinya kecelakaan lalulintas.

"Terjadi penurunan yang signifikan dari jumlah kecelakaan berlalulintas selama Operasi Zebra 2014," ujar Condro dalam siaran pers tertulisnya, Kamis (11/12).

Dijelaskannya, hal itu terlihat dari sebelum dan sesudah pelaksanaan operasi yang berlangsung pada 26 November-9 Desember 2014. Kecelakaan lalu lintas mengalami penurunan yang cukup signifikan. Dalam rentan waktu dua pekan sebelum operasi tercatat 3.396 kejadian dan daat operasi dilaksanakan mengalami penurunan menjadi 2.447 kejadian di seluruh Indonesia.

"Penurunan ini mencapai 41 persen," papar Condro.

Mantan Kapolda Kepulauan Riau itu mengungkapkan korban meninggal dunia sebelum Operasi Zebra mencapai 735 jiwa, sementara di masa pelaksanaan operasi berjumlah 452 jiwa. "Dari sisi ini mencapai penurunan hingga 34 persen," tambahnya.

Sementara korban yang mengalami luka berat saat sebelum operasi mencapai 886 orang, namun di masa operasi mengalami penurunan 28 persen atau sejumlah 634 orang. Sedangkan korban luka ringan berkurang 41 persen, dari 3.753 orang menjadi 2.447 orang.

"Pelanggaran lalu lintas tercatat telah ditindak dengan tilang sebanyak 531.664 kendaraan," ujar Condro yang pernah menjabat Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya itu.

Ia menambahkan, terdapat 5 Polda yang menempati ranking 5 besar dalam hal jumlah kecelakaan yang terjadi sepanjang Operasi Zebra 2014. Secara berurutan yakni Polda Jawa Timur dengan jumlah 496 kejadian, Polda Jawa Tengah 470 kejadian, Polda Sulawesi Selatan 133 kejadian, Polda Jawa Barat 128 kejadian, dan Polda Metro Jaya 112 kejadian.

"Momentum Operasi Zebra 2014 itu akan dilanjutkan dengan kegiatan kepolisian di bidang lalu lintas lainnya, agar situasi keamanan tetap lancar dan kondusif, khususnya dalam menyambut natal dan tahun baru," tutup Condro.[rgu/rmol] 

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa