post image
KOMENTAR
Sahabat karib Muhammad Alfian Nurzi, Sugih Wira Mantiri, menyatakan temannya tersebut telah mengetahui berita soal dia diduga ke Irak untuk bergabung dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Menurut Sugih, Alfian merasa tudingan terhadapnya hanya klaim sepihak.

Sugih mengatakan tak lama setelah melihat pemberitaan tersebut, Alfian menulis curhat di akun media sosial Path miliknya.

"Sekarang yang baik dari jahat, yang jahat jadi baik. Ngaku Islam tapi ngatain mujahid teroris. Kami yang berjuang dengan nyawa demi tegaknya syariat malah difitnah macam-macam," tulis Fian, dalam akun Path miliknya, Jumat, (20/3/2015) dilansir tempo.co.

Menurut Sugih, semua pemberitaan soal Alfian dan informasi intelijen mengenai Alfian menjurus ke fitnah. Alfian sebelumnya disebut sebagai mahasiswa Pontianak yang pergi ke Irak untuk bergabung dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Selain kuliah di salah satu perguruan tinggi di Pontianak, Alfian selama ini dikenal sebagai fotografer pernikahan dan pra-nikah. Anggota Dewan Penasehat Pontianak Fotografer Community, Rully Adimas Putra (33), menyatakan, tidak ada yang aneh dalam keseharian diri Alfian.

"Di komunitas, dia bukan anggota tetap. Tetapi sering ikut event-event komunitas," ujar Rully, Jumat.

Dalam halaman komunitas tersebut di Facebook, banyak yang mengomentari mengenai pemberitaan Alfian. Mayoritas pengguna Facebook di halaman tersebut memberikan simpati pada Alfian.

Sebelumnya, Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis, dalam peresmian Katedral Santo Yoseph, menyatakan seorang warga Kalimantan Barat bergabung dengan ISIS. Cornelis menegaskan ISIS bukan merupakan agama, melainkan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

Sementara itu, Kepala Polda Kalimantan Barat, Brigadir Jenderal Arief Sulistyanto, mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi dari intelijen soal warga Pontianak yang bergabung dengan ISIS.

"Sayangnya sudah berangkat," kata Arief.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa