post image
KOMENTAR
Para petani dari desa yang masuk zona bahaya pada radius 7 kilometer dari Gunung Sinabung masih nekad untuk kembali kembali ke desa mereka. Padahal pemerintah sudah mengeluarkan himbauan agar para petani yang saat ini diungsikan ke posko pengungsian tidak kembali dengan alasan apapun, sebelum mendapat instruksi dari pihak berwenang.

Beberapa pengungsi mengaku, mereka nekad untuk kembali ke desa dan ladang mereka sekedar untuk mengambil berbagai perlengkapan hingga memanen tanaman mereka yang belum sempat dipanen.

"Cuma sebentar saja kami pulang untuk mengurus ladang saja, setelah itu balik lagi ke pengungsian," kata seorang warga Desa Sibintun, beru Sembiring, Sabtu (6/6/2015).

Mereka menyebutkan, evakuasi yang dilakukan dalam waktu 1 hari membuat perlengkapan yang mereka bawa ke tempat pengungsian masih seadanya saja. Untuk itulah mereka kembali untuk mengambil barang-barang lain yang masih dibutuhkan, sebab mereka belum mengetahui batas waktu hingga mereka dipulangkan ke desa mereka.

"Pakaian kamipun masih kurang di pengungsian," ujarnya.

Diketahui BNPB merekomendasikan pengosongan desa yang terletak pada radius 7 kilometer dari Gunung Sinabung. Rekomendasi ini dikeluarkan pasca kenaikan status Sinabung dari status Siaga menjadi status Awas.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa