post image
KOMENTAR
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memprediksi puncak arus balik berbasis jalan raya akan mulai terjadi pada 23 Juli 2015. Sebab, 26 Juli 2015 merupakan batas akhir libur Lebaran.

"Sekarang sudah ada tapi masih kecil. Saya kira nanti 23, 24, dan 25 Juli," kata mantan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia itu di kantornya, Jakarta, Senin (20/7/2015)

Untuk transportasi seperti pesawat, kereta, dan kapal laut, menurut Jonan, sudah diprediksi puncak arus baliknya. Puncak arus balik ini bisa diperkirakan dari jumlah tiket yang sudah terjual. Namun, untuk pesawat, katanya, setiap maskapai memiliki puncak arus balik masing-masing.

Sebab, setiap maskapai mempunyai perbedaan dalam rute dan segmentasi.

"Airline ada yang puncaknya besok. Ada juga yang 26-27 Juli," kata Jonan.

Kendati sudah dapat diprediksi puncak arus balik, Jonan menyayangkan buruknya sistem penjualan tiket kapal laut, terutama yang dikelola swasta. Dia mencontohkannya saat meninjau ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Tiket yang dijual, ujar Jonan, tidak tertera harganya. Karena itu, Jonan mendesak adanya perubahan sistem penjualan tiket menjadi online. Dengan begitu akan mempermudah calon penumpang.

"Saya kaget saja angkutan laut masih seperti itu," ujar Jonan.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa